Cara Mengenal Gambaran Diri - Hubdat | Hubungan Darat

Cara Mengenal Gambaran Diri

Bagaimana cara mengenal gambaran diri anda, satu unsur mutlak yang penting untuk mencapai kesuksesan ialah citra diri yang positif. Bila Anda mempunyai gambaran diri yang negatif, Anda menarik hasil-hasil yang negatif. Bila gambaran diri Anda positif, Anda menarik hasil-hasil yang positif. Mungkin ini kedengaranya sederhana, tapi terbukti benar. Lalu, bagaimana cara membangun gambaran diri yang positif? Pertama Anda harus tahu apa itu gambaran diri yang bahasa elegannya biasa disebut self image.

Citra Diri atau self image ialah gambaran dalam pikiran Anda ihwal diri Anda. Contoh gambaran sederhananya terdiri dari enam unsur penting menyerupai berikut ini:

  • 1. Apa yang Anda percayai ihwal talenta dan kemampuan Anda.
  • 2. Apa yang Anda percayai ihwal nilai Anda sebagai pribadi.
  • 3. Bagaimana Anda mengharapkan orang lain mendapatkan Anda.
  • 4. Apa yang Anda percayai berkenaan dengan potensi Anda.
  • 5. Seperti Apakah dunia yang Anda harapkan.
  • 6. Apa yang Anda percayai berkenaan dengan keberadaan Anda.

Gambaran di pikiran Anda ihwal diri Anda menentukan ukuran kepercayaan Anda untuk memakai potensi dan perjuangan mencapai cita-cita. Para psikolog memperkirakan kita memakai kurang dari sepertiga dari potensi kita yang sebenarnya. Dengan meningkatkan potensi Anda sedikit saja, Anda sanggup menciptakan kemajuan yang kucup besar dalam efektivitas Anda.

Bila kini Anda memakai 30 persen dari potensi Anda, Anda sanggup menentukan untuk memakai pelengkap 3 persen lagi, sehingga jumlah seluruhnya 33 persen. pelengkap 3 persen ini sama dengan 10 persen dari apa yang sebelumnya Anda gunakan. Dengan perjuangan yang relatif sedikit, Anda sanggup menjadi 10 persen lebih efektif daripada dikala ini.

Kebanyakan orang mempunyai tiga gambaran diri yang mencakup:

  1. Diri saya yang sebenarnya  (potensi Anda yang sebenarnya)
  2. Diri saya berdasarkan pandangan saya (tergantung dari seberapa baik Anda mengenal diri Anda)
  3. Diri saya yang saya inginkan (dapat diperluas ketika Anda berguru mengenali potensi Anda yang sebenarnya)

Semakin kita mendekati ketiga kesan ini, semakin baik. Orang-orang yang mempunyai gambaran yang rusak ihwal diri mereka yang bahwasanya tidak pernah menemukan potensi yang sebenarnya.

Bagaimana cara membangun gambaran diri? Citra diri dibangun hari demi hari melalui pengalaman, melalui apa yang dikatakan dan dilakukan orang lain, dan melalui jawaban Anda terhadap semua itu. Bila Anda menanggapi dengan emosi, perasaan atau tindakan yang sama setiap kali Anda menghadapi situasi yang sama, jawaban itu akan menjadi kebiasaan dan biasanya secara otomatis alam bawah sadar Anda akan menyimpannya sebagai data ihwal orang macam apa diri Anda.

Walaupun ada orang-orang yang menyampaikan kita tidak sanggup sepenuhnya mengendalikan pilihan kita atau bahwa pilihan kita hanyalah hasil dari pengondisian sebelumnya, bahwasanya kita sanggup mengendalikan pilihan kita! Pengetahuan bahwa saya sanggup mengendalikan masa depan memotivasi saya, menciptakan saya bersemangat, dan memberi saya harapan akan hari esok yang lebih baik.

Kebenarannya adalah, kita sanggup membangun satu gambaran diri yang gres (gambaran yang lebih akurat ihwal potensi kita yang bahwasanya yang diberikan oleh Tuhan kepada kita) dengan cara yang sama menyerupai kita membangun gambaran diri yang kini ini, dengan memakai kekuatan kita untuk memilih.

Apakah saya sanggup mengubah gambaran diri saya? terperinci saja bisa. Lalu, bagaimana cara mengubah gambaran diri. Apakah Anda merasa mempunyai gambaran diri yang jelek dikala ini? sehingga Anda berkeinginan untuk merubah gambaran diri Anda. Makara begini, pelan-pelan dipahami konsep gambaran diri; Pikiran Anda bekerja menyerupai komputer, menyimpan gosip yang Anda masukan dan menggunakannya untuk mengolah pikiran Anda, yang berarti:

  • Diri Anda dikala ini (siapa diri Anda dan posisi Anda dikala ini) ialah hasil dari pilihan Anda di masa lalu; dan
  • Masa depan Anda akan menjadi hasil dari apa yang sedang Anda pikirkan dan Anda pilih dikala ini.

Citra diri Anda ialah hasil dari semua yang Anda masukan ke otak atau alam bawah sadar Anda sebagai data, jadi, apapun latar belakang Anda, harapan Anda ialah satu-satunya realitas yang akan diperhitungkan. Dan itu sangat tergantung pada apa yang Anda percayai dan apa yang akan Anda lakukan sehubungan dengan gambaran diri Anda.

Baca juga: 7 Sikap Positif Untuk Mencapai Sukses

Beberapa orang membiarkan penghalang yang sepele membatasi potensi mereka untuk mencapai kesuksesan. Berikut ini ialah beberapa alasan perilaku yang membatasi potensi Anda untuk sukses dan maju berkembang;

7 Sikap Alasan Yang Menghambat Potensi Diri Untuk Sukses & Berkembang:


  • 1. Saya sudah merasa nyaman dikala ini. Tinggal di tingkat kesuksesan Anda dikala ini lebih gampang dan tidak terlalu menekan dibandingkan dengan mengusahakan perubahan perubahan yang diperlukan.
 
  • 2. Saya takut gagal. Takut dengan resiko kegagalan menghalangi kita untuk mencoba sesuatu yang baru.
 
  • 3. Celaan itu menyakitkan. Menghindari celaan membatasi kita untuk melaksanakan sesuatu lantaran kita hanya akan melaksanakan hal-hal yang kita anggap akan menyenangkan orang lain.
 
  • 4. Saya tidak ingin mengacaukan situasi yang sudah berjalan dengan baik. Perubahan dianggap sebagai hal yang negatif dan terlalu berbahaya.
 
  • 5. Saya tidak memenuhi syarat. Kepercayaan bahwa kita tidak pantas mendapatkan hasil dari memakai potensi kita sepenuhnya yang disebabkan oleh perasaan rendah diri.
 
  • 6. Kesuksesan mungkin besar lengan berkuasa jelek pada saya. Merasa diri tidak berharga dan ketakutan yang tidak logis terhadap kesuksesan mengakibatkan kita tanpa sadar berusaha menghindari kesuksesan.
 
  • 7. Tuhan tidak menginginkan saya sukses. Kepercayaan yang tidak berdasar ini menciptakan banyak impian besar menjadi berantakan.

Kesuksesan yang Anda cari sanggup menjadi kenyataan ketika Anda mengganti kepercayaan yang membatasi Anda dengan citra diri yang lebih positif.

Baca juga: Cara Berpikir Positif Untuk Masa Depan Sukses


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

0 Response to "Cara Mengenal Gambaran Diri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel