Cara Membuat, Menentukan, Menjaga Dan Melakukan Prioritas - Hubdat | Hubungan Darat

Cara Membuat, Menentukan, Menjaga Dan Melakukan Prioritas

Bagaimana cara membuat, menentukan, menjaga dan melaksanakan prioritas? Banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya menyusun pekerjaan-pekerjaan dan kiprah mereka berdasarkan urutan prioritas. Mereka hanya menganggap bahwa yang penting bagi mereka bahwa suatu pekerjaan itu tuntas dikerjakan, tidak lebih dari itu! Perlu diketahui bahwa setiap tindakan yang Anda lakukan itu mempunyai nilai yang berbeda-beda.

Nilai itu berdasarkan pada bakat, kemampuan, kesempatan, visi, nilai dan tujuan Anda. Misalnya, Anda dan tetangga Anda berdua sama-sama menghabiskan waktu selama satu jam untuk mengerjakan pekerjaan yang sama. Bagi Anda, bisa saja waktu yang sejam yang sudah Anda luangkan itu sangat berarti dan faktual bagi Anda. Sementara bagi tetangga Anda mungkin waktu sejam itu hanyalah pemborosan waktu saja.

Orang-orang yang ingin sukses tentunya harus memakai waktu sebaik-baiknya dengan tujuan terang dan positif. Manajemen waktu merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan, menjaga dan melaksanakan prioritas Anda. Untuk itu Anda harus memakai sebuah strategi prioritas-prioritas untuk mengatur waktu Anda.

Bagaimana Menentukan Prioritas Anda


Sebelum Anda sanggup memilih apa yang akan Anda lakukan pada hari tertentu, mula-mula Anda harus mempunyai citra yang lebih luas wacana bagaimana Anda akan meluangkan waktu Anda. Ajukan pertanyaan berikut pada diri Anda, hal ini akan membantu Anda dalam menentukan prioritas Anda kedepan:

1. Apa yang diharapkan dari saya? Untuk memilih prioritas Anda harus selalu dimulai dengan apa yang diharapkan dari Anda. Tentunya, niscaya ada saja pekerjaan dan tugas-tugas  tertentu yang harus Anda kerjakan. Satu hal yang penting untuk dicatat adalah, pertimbangkanlah dahulu apakah sesuatu itu memang perlu dikerjakan, jikalau "ya" apakah memang harus dilakukan oleh Anda sendiri. Jangan lupa bahwa ada kiprah atau pekerjaan tertentu yang memang perlu, tetapi tidak harus Anda sendiri yang melaksanakannya. Kadang-kadang  pekerjaan itu bisa diwakilkan atau di delegasikan kepada orang lain dan Anda cukup mengawasinya.

2. Apa yang paling menguntungkan bagi saya? Sebaiknya kita selalu mencoba untuk mengerahkan segala daya kita pada hal-hal yang kira-kira akan paling menguntungkan kita, dan pada hal-hal yang berdasarkan asumsi kita bisa kita lakukan lebih baik dari orang lain. Sedikit tips manajeman waktu, gunakanlah prinsip 80/20 sebagai pedoman. Sebaiknya kita meluangkan 80 persen dari waktu kita di tempat-tempat yang kira-kira akan paling menguntungkan dan 20 persen sisanya di daerah lain. Inilah cara terbaik untuk memakai waktu.

3. Apa yang paling memberi saya kesenangan? Bagi sebagian orang, sesuatu yang paling memperlihatkan keuntungan, biasanya juga yang paling memperlihatkan kesenangan. Tetapi, bekerjsama tidak selalu demikian. Apapun keadaan Anda, Anda perlu untuk bekerja di tempat-tempat yang bisa memberi rasa senang. Dengan cara ini Anda akan terus termotivasi, alasannya yaitu Anda dengan bahagia hati mengerjakanya.

Bagaimana Menjaga Prioritas Anda


Segala sesuatu yang istimewa dan unik biasanya sangat rawan dan memerlukan perawatan yang terus menerus. Maksudnya yaitu sehabis Anda memilih Prioritas Anda, maka Anda dilarang berhenti begitu saja. Diperlukan perjuangan dari Anda untuk melaksanakanya, dan menjaga prinsip-prinsip itu.

Berikut  Tips 3 Hal Penting Untuk Menjaga Prioritas Anda:


1. Evaluasi. Pertama kali evaluasilah apa-apa yang seharusnya Anda lakukan berdasarkan pada tiga pertanyaan yang berafiliasi dengan kebutuhan Anda, laba dan kesenagan Anda. Anda bisa membaca kembali atau melihat sekali lagi tiga pertanyaan ibarat diatas pada hal menentukan prioritas Anda. 

2. Mengurangi. Selanjutnya, kurangilah pekerjaan yang tidak perlu Anda lakukan. Wakilkan atau coba untuk mendelegasikan pekerjaan yang harus dikerjakan tetapi masih sanggup dikerjakan oleh orang lain.

3. Mempertimbangkan. Catatlah pekerjaan dan kiprah yang harus Anda lakukan untuk bisa mencapai tujuan Anda. Tambahkan juga warta mengenai berapa usang waktu yang dibutuhkan untuk menuntaskan tugas-tugas tersebut dan siapa-siapa saja orang yang akan bisa diminta dukungan untuk keberhasilan Anda.

Dalam menjaga prioritas Anda, Anda dituntut untuk disiplin dan konsisten. Hal ini akan membentuk kebiasaan Anda yang faktual dan melatih gaya kepemimpinan Anda untuk mengantarkan Anda pada keberhasilan dan kesuksesan Anda nantinya. Tentunya semua dimulai dari Anda bagaimana cara berpikir positif, dan sikap positif Anda memilih keberhasilan dan sukses Anda dalam tujuan meraih impian masa depan sukses Anda.

Bagaimana Melaksanakan Prioritas Anda


Setelah memilih apa-apa yang harus dikerjakan, Anda harus bekerja berdasarka prioritas-prioritas itu. Kebanyakan orang menyusun pekerjaan mereka lebih berdasarkan pada kebutuhan yang mereka rasakan dari pada prioritas yang ada. Mereka sangat reaktif bukannya proaktif. Kalau ingin berhasil, Anda dilarang bekerja dengan cara ibarat itu.

Agar Anda sanggup bekerja berdasarkan pada prioritas Anda, berikut ini ada tips lagi buat Anda untuk sanggup konsisten melaksanakan prioritas Anda, tentunya bekerja berdasarkan prioritas utama Anda.

Berikut tips untuk melaksanakan pekerjaan berdasarkan prioritas Anda:


1. Buat Daftar Prioritas Setiap Hari

Ambil selembar kertas kosong dan mulailah menuliskan daftar prioritas apa-apa yang akan Anda kerjakan esok, sebagai latihan Anda cobalah untuk menuliskan enam daftar prioritas pada kertas yang sudah Anda siapkan, kemudian beri nomor berdasarkan urutan prioritas terpenting dalam daftar prioritas Anda. Jika sudah, lipat kertas itu dan masukan kedalam kantung Anda. Dan besok pagi sebelum Anda melaksanakan apa-apa, keluarkan dan bukalah kertas yang berisi daftar prioritas Anda dari kantung Anda dan kemudian fokus lihatlah pada duduk masalah nomor satu. ingat! Hanya yang nomor satu saja!. Jangan melihat pada nomor yang lain! Lalu, mulailah kerjakan duduk masalah itu hingga selesai.  kemudian lanjutkan dengan duduk masalah yang nomor dua pada daftar prioritas Anda, dengan cara yang sama kemudian nomor tiga dan selanjutnya hingga simpulan semuanya. Jangan khawatir jikalau Anda hanya bisa menuntaskan duduk masalah yang nomor satu dan nomor dua saja alasannya yaitu keduanya merupakan yang paling penting. Lakukan hal itu pada setiap hari kerja!.

Memang masuk akal bahwa orang tidak bahagia bekerja berdasarkan urutan kepentingannya. Kebanyakan lebih mendahulukan pekerjaan yang lebih menyenangkan bagi mereka. Tapi, ketahuilah dalam hal pengelolaan waktu ini, tidak ada yang lebih baik dari pada bekerja berdasarkan urutan prioritas. Cobalah lakukan hal ini dalam satu bulan saja dulu, niscaya Anda akan mencicipi keuntungannya yang besar. Pasti orang-orang di sekitar Anda akan bertanya-tanya dari mana Anda sanggup perhiasan energi begitu banyak. Padahal yang benar yaitu bukan Anda bertambah energi, tetapi sekarang Anda bisa lebih baik mengatur untuk kepentingan apa saja energi itu sebaiknya disalurkan.


2. Buatlah Jadwal Pelaksanaan Prioritas

Membuat planning secara harian sangat penting bagi keberhasilan kita.  Dengan perencanaan semacam ini, pikiran kita bisa lebih terarah pada hal-hal yang harus dilakukan secara lebih terperinci. Disamping itu, penting juga bagi Anda untuk membuat perencanaan secara mingguan, bulanan, dan tahunan. Dengan perencanaan itu kita bisa mempunyai fatwa dan citra yang lebih luas mengenai tujuan dan sasaran yang ingin kita capai.

Cobalah untuk mendekat pada kalender yang melekat pada dinding rumah Anda atau yang ada di atas meja kerja Anda. Lalu, sambil menyidik kalender, buatlah daftar berisi tugas-tugas utama yang harus Anda selesaikan selama bulan itu. Kemudian tentukanlah tanggal-tanggal yang sempurna bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut, kemudian Anda masukan dalam jadwal pelaksanaan Anda.

Pengelolaan waktu harus dijadikan prioritas nomor satu bagi kita. Tanpa perencanaan harian, hari-hari kita akan menjadi sia-sia dan tak menghasilkan apa-apa. Sukses atau gagalnya seseorang sangat bergantung pada kepandaian orang itu mengatur waktunya. Milik Anda yang paling berharga yaitu 24 jam yang ada di hadapan Anda. Sudahkan Anda mengembangkan sebuah strategi yang akan memungkinkan Anda untuk memakai waktu Anda itu sebaik-baiknya?

Baca juga : Cara Menyusun Target , Rencana dan Tujuan


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan

0 Response to "Cara Membuat, Menentukan, Menjaga Dan Melakukan Prioritas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel