Swipe up untuk membaca artikel

11 Tipe Kepribadian Umum Dan Cara Bagaimana Menghadapinya

Bagaimana cara mengenali tipe kepribadian umum manusia sebagaimana kita tahu bahwa insan itu unik dan mempunyai tipe kepribadian masing-masing yang berbeda-beda begitu pula dengan kekuatan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Hal ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas alasannya semoga bagaimanapun kita yaitu insan yang berkepribadian terlepas apakah itu baik atau buruk.

Mengenal kepribadian diri sendiri dan ataupun orang lain sangat penting untuk tujuan menjalin kekerabatan yang rukun dan serasi dilingkungan dimana kita berada jikalau kita bisa untuk saling menghargai dan memahami tiap-tiap tipe kepribadian seseorang sebaliknya jikalau kita tidak bisa untuk mengenali dan memahami maka hal buruk atau negatiflah yang akan terjadi. Sadarilah bahwa mereka berbeda dan tidak sanggup dilayani secara sama. Kiat atau caranya yaitu dengan mengenal kunci kepribadian masing-masing orang tersebut.

Berikut ini 11 Tipe Kepribadian Umum dan Cara Bagaimana Menghadapinya:


1. Si Cekatan: Seorang yang cekatan yaitu yang cekatan dan suka menolong. Dialah yang pertama tiba dengan pendapat pada setiap kesempatan. Kendati maksudnya yang baik, orang ini sanggup menyulitkan keadaan alasannya keinginannya yang terus menerus untuk bicara sampai mencegah yang lain turut serta. Layanilah si cekatan ini dengan memintanya menciptakan risalah atau rangkuman ringkas dari pembicaraan pada selesai pertemuan. Bila perlu, hentikanlah ia dengan bijaksana untuk bicara dengan bertanya kepada yang lain. Jika Anda sanggup menghentikan beliau memonopoli pembicaraan, Anda akan melihat bahwa ia sanggup menjadi penyumbang yang positif, terutama bila tiba saatnya menarik kesimpulan dari pembicaraan.

2. Sang "Arca": Sang arca yaitu seorang yang asing yang menentang semua gagasan dan saran. Tampaknya orang ini tampaknya tidak sanggup digerakan bahkan dengan bulldozer sekalipun. Cara terbaik untuk menangani orang menyerupai ini yaitu meminta orang lain memberi pendapat perihal pandangannya.

3. Si Penghambat: Orang menyerupai ini selalu merasa terpaksa membuktikan aspek paling buruk dari setiap gagasan yang disarankan. Jarang, kalaupun tidak pernah, beliau memperlihatkan satu jalan keluar yang lain. Cara terbaik untuk menangani orang menyerupai ini yaitu meminta beliau untuk menyarankan satu alternatif setiap kali beliau membuktikan sesuatu yang negatif.

4. Si Serba Setuju: Orang menyerupai ini selalu menyenangkan ia akan oke secara penuh dengan saran apa saja, apakah itu baik atau jelek. Jangan terlalu percaya pada pendapatnya tetapi akuilah pendapatnya yang mendukung secara halus.

5. Si Asal Debat: Orang menyerupai ini yaitu berkepribadian yang kasar yang bahagia beropini lain atau yang merasa terganggu oleh duduk perkara pribadi. Cara terbaik untuk menangani orang menyerupai ini yaitu dengan meminta perhatian mereka atas tujuan dari pertemuan dengan tegas dan tidak mencampur adukan dengan duduk perkara pribadi.

6. Si Pembicara Yang Sulit: Orang ini mempunyai gagasan anggun tapi mempunyai kesulitan besar untuk menyampaikannya. Cara terbaik menangani orang menyerupai ini yaitu mengulang gagasannya dalam bahasa yang lebih baik tanpa menyinggung perasaannya.

7. Si Pembicara Samping: Orang ini selalu bicara dengan orang lain dalam pertemuan, apakah pembicaraan itu ada kaitannya dengan pertemuan atau tidak, hal ini tentunya sanggup mengganggu. Menangani orang menyerupai ini, usahakanlah menghindari untuk membuatnya malu. Panggillah orang tersebut dengan namanya dan ejekan pertanyaan yang gampang kepadanya. Hal ini semata untuk mengembalikan fokusnya kepada pertemuan.

8. Si Penyimpang: Si penyimpang menikmati sekali dalam mengutarakan pendapatnya terhadap segala hal kecuali pada hal yang di diskusikan. Pada awalnya orang ini tertuju pada hal yang dibahas pada ketika itu, akan tetapi orang itu tidak akan tertuju pada hal itu dengan lama. Cara terbaik untuk menangani si penyimpang yaitu dengan memusatkan kembali pada pembahasan itu sewaktu beliau membisu untuk menarik napas. Bila sudah dilakukan, kembalikan beliau pada jalur pembahasan dengan mengulangi pokok-pokok pembahasan, kemudian diskusi dilanjutkan kembali.

9. Si Pendiam: Ada beberapa alasan bagi si pendiam yang enggan bicara, malu-malu, tidak tenang, merasa lebih, tak peduli atau bosan. Apapun alasanya, beliau tidak menguntungkan kecuali Anda sanggup menarik perhatiannya. Cobalah bangkitkan perhatiannya dengan cara bertanya kepadanya.

10. Si Pelamun: Orang yang terdiam tampaknya hanya dalam tubuh dan tidak dalam pikiran. Untuk menarik perhatiannya, cobalah untuk menarik perhatiannya secara tidak menyolok. Tanyakan kepada si pelamun satu pertanyaan khas, tapi buatlah sedemikian rupa beliau akan sanggup menjawabnya.

11. Si Penarik Perhatian: Apakah berbicara keras atau mengeluh, orang menyerupai ini akan menghabiskan banyak waktu dan mematikan semangat setiap pertemuan. Cara menanganinya ialah mengingatkan kepadanya akan waktu yang berharga.

Demikian 11 tipe kepribadian manusia yang sering kita jumpai dalam setiap moment dalam kegiatan atau acara kerja kita sehari-hari, semoga sanggup memberikan Anda wangsit ketika besok atau suatu ketika Anda berjumpa dengan salah satu tipe kepribadian tersebut maka Anda sudah tahu langkah apa yang akan Anda lakukan untuk memberikan hasil yang Anda inginkan.

Baca juga : Cara Mengenal Citra Diri


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan
Inspirasi Tips