Wisata Makanan Di Jogja Jangan Lupa Belalang Goreng Khas Gunung Kidul - Hubdat | Hubungan Darat

Wisata Makanan Di Jogja Jangan Lupa Belalang Goreng Khas Gunung Kidul

Wisata masakan di jogja jangan lupa belalang goreng khas gunung kidul  Wisata Kuliner di Jogja jangan lupa BELALANG GORENG Khas Gunung Kidul Wisata masakan di jogja - Apakah Anda sedang berencana liburan wisata di jogja? Berwisata sambil hunting hunting kuliner memang hal yang asyik dilakukan dan memang sih biasanya setiap orang atau wisatawan ketika berwisata mereka selalu menyempatkan diri untuk berburu masakan di tempat wisata favorit yang di kunjunginya.

Ngomong-ngomong wisata, sudahkan Anda berwisata di kota jogja? Ada jenis kuliner unik di jogja yaitu belalang goreng, apakah Anda sudah pernah merasakan bagaimana rasa belalang goreng khas gunung kidul? Belalang merupakan binatang jenis serangga, mungkin di kota-kota jarang ditemui binatang jenis ini. Hewan serangga jenis belalang biasanya terdapat di ladang atau sawah di permukiman pedesaan. Makanan ini memang terlihat absurd alasannya materi dasarnya sendiri ialah Belalang. Namun ternyata katanya sih Belalang Goreng ini mempunyai rasa yang enak dan juga bergizi. Belalang Goreng ini ialah salah satu kuliner tradisional yang sangat terkenal dari kota Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jenis belalang yang biasanya di gunakan untuk membuat Belalang Goreng ini ialah Belalang kayu yang di tangkap oleh masyarakat di ladang atau sawah. Belalang ini banyak di temukan di pohon – pohon yang ada di sana, biasanya Belalang tersebut dimasak dengan cara digoreng, dibacem goreng atau hanya dibakar saja. Bagi masyarakat Gunung Kidul, Belalang Goreng ini sering dijadikan lauk – pauk untuk kuliner sehari – hari, sehingga sanggup juga dijadikan sebagai penghasilan alternatif bagi sebagian orang yang mencarinya untuk di jual.

Saat ini berburu masakan merupakan hal yang wajib bagi para wisatawan yang tiba berkunjung ke daerah-daerah wisatawan di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner, setiap tempat mempunyai kekhasan di setiap masing-masing masakannya. Hal tersebut membuat bermacam-macam jenis masakan yang siap untuk memanjakan pengecap para wisatawan yang datang. Keunikan masakan menjadi nilai tambah bagi tempat tujuan wisata.

Yogyakarta sebagai salah satu sentra kebudayaan Jawa mempunyai banyak sekali macam masakan khas di setiap kabupatennya. Di Kabupaten Gunung Kidul yang sedang terkenal ialah kuliner belalang goreng. Karena unik dan tidak biasa, banyak wisatawan yang ingin tau dan kemudian merasakan panganan ini. Karena banyaknya yang menyukai masakan ini banyak warga yang memproduksi belalang goreng dan menjualnya baik di toko maupun di pinggir-pinggir jalan.

Mungkin di tempat lain, belalang bukanlah binatang yang lazim untuk diolah menjadi sebuah kuliner yang enak bahkan dianggap sebagai hama bagi para petani. Namun warga Gunung Kidul dengan keterbatasan yang ada berhasil berinovasi untuk membuat kuliner khas yang materi bakunya gampang di cari di tempat mereka, tentu saja enak serta unik.

    foto: kotajogja.com

Bagaimana rasa belalang goreng? Kata sebagian orang yang pernah merasakan belalang goreng,  kuliner ini menyerupai rasa udang. Walaupun terbilang menyerupai masakan ekstrim namun kuliner ini termasuk kuliner yang halal, bergizi tinggi, dan mempunyai kadar kolesterol dan lemak yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi siapa saja. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat banyak orang menyukainya dan ketagihan dengan kuliner ini dan rasa krenyes itulah yang menjadi keunikan dari Belalang Goreng itu sendiri.

Bagi sebagian orang yang belum pernah merasakan kuliner belalang goreng ini, mungkin ada yang alergi sehabis memakannya. Hal tersebut biasanya ditandai dengan gatal – gatal pada kulit badan alasannya efek dari protein yang di hasilkan dari belalang goreng tersebut. Namun berdasarkan masyarakat disana, alergi tersebut sanggup disembuhkan dengan cara minum kopi hitam yang diseduh tanpa gula. Cara ini dipercaya sanggup menyembuhkan Anda dari alergi tersebut.

Berapa harga belalang goreng?  harga belalang goreng yang saya telusuri bervariasi, sepertinya  berkisar antara 20ribu, 35.000 ribu/box dengan kemasan toples lingkaran mika hingga dengan 50 ribu.
Belalang Goreng ini sanggup sangat gampang Anda temukan di sepanjang jalan arah menuju pantai wisata di tempat Gunung Kidul, Yogyakarta. Disana banyak orang yang berjualan di pinggir jalan atau toko oleh – oleh yang menyediakan Belalang Goreng ini. Nah, Bagi Anda yang akan berwisata di kota jogja tidak ada salahnya untuk mampir berkunjung ke Gunung Kidul dan berburu belalang goreng.

Demikian ulasan wisata masakan di jogja, jangan lupa belalang goreng khas gunung kidul. Makanan buah tangan khas tradisional unik kota jogja, gunung kidul.

Selamat berwisata kuliner.
Baca juga : Foto di pohon wisata alam kalibiru kulonprogo jogja


Blog motivasi dan inspirasi 

0 Response to "Wisata Makanan Di Jogja Jangan Lupa Belalang Goreng Khas Gunung Kidul"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel