Swipe up untuk membaca artikel

Bagaimana Cara Berkata Tidak !! Dengan Tegas

Kata "tidak" mengandung konotasi negatif menyerupai penolakan, budaya kita yang menanamkan sikap asertif menciptakan kita sukar untuk menyampaikan "tidak" yang memang kita maksudkan sebagai penolakan. Kita menyampaikan "ya" yang bergotong-royong berlawanan dengan harapan kita. Perasaan malu, sungkan, dan takut seakan menyatu sehingga mengubah kata "tidak" menjadi kata "iya" sebagai kata setuju.

Perhatikan tragedi berikut ini:

Beberapa situasi yang terjadi kadang bertentangan dengan harapan kita, beberapa tekanan berupa ajakan, rayuan bahkan pemaksaan dalam situasi tersebut menciptakan kita menjadi lemah, sehingga berkata "iya" yang bergotong-royong kita maksudkan ialah "tidak".

Ajakan, rayuan, paksaan baik secara pribadi atau tidak yang di sertai dengan iming-iming atau janji-janjj yang akan kita peroleh bila melakukannya atau bahkan bahaya bila kita menolaknya, menciptakan kita takut tanpa berani atau ragu-ragu untuk menyampaikan menolaknya. Akhirnya kita mendapatkan proposal tersebut dengan alasan klasik; takut kehilangan pekerjaan, hilangnya popularitas, takut tidak mempunyai teman, takut dimusuhi atau takut sebut ketinggalan jaman, norak dan sebagainya. Pada jadinya akan menciptakan kita sendiri menjadi stres. 





Bacaan terkait : Cara bagaimana melawan stres

 mengandung konotasi negatif menyerupai penolakan Bagaimana cara berkata TIDAK !! dengan TEGAS

Bagaimana Berkata Tidak

1. Mengenal Tubuh Anda.


Tubuh ialah penggalan dari Anda untuk melaksanakan sesuatu sikap tertentu. Anda lebih mengenal badan Anda daripada orang lain.
  • Jangan memaksakan badan Anda melaksanakan hal diluar kemampuan Anda. Bila badan Anda merasa sangat letih jangan lakukan hal-hal lain yang sanggup menciptakan Anda menjadi lebih letih atau bahkan sakit. Istirahatlah.
  • Tubuh Anda ialah penggalan yang paling berharga, orang lain akan menghormati Anda bila Anda menghormatinya juga. Tidak ada seorang pun yang berhak menyentuh badan Anda dengan alasan apapun. Tidak ada yang boleh melecehkan atau menciptakan Anda merasa tidak nyaman karenanya, maka katakan tidak untuk itu.
  • Kenali fungsi badan Anda. Mengenal fungsi badan akan menciptakan Anda mengerti akan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh badan dan Anda akan mengenal pula unsur atau zat-zat yang sanggup merusak tubuh. Misalkan narkoba atau zat-zat adiktif lainnya yang sanggup merusak jaringan saraf otak, maka Anda akan menolak untuk mengkonsumsinya.

2. Mempunyai Komitmen


Komitmen sangat penting sebagai hal yang prinsipil ketika Anda berada pada suatu pilihan antara ya atau tidak. Misalkan agama melarang Anda untuk minum beralkohol maka Anda akan berkomitmen untuk tidak meminumnya alasannya ialah dihentikan oleh agama. Bagaimana bila proposal tersebut sedikit diubah misalkan sobat Anda mengajak dengan "meminum sedikit" ? Bila komitmen Anda terang dan tegas maka bagaimanpun Anda akan menolaknya.

3. Ingat Konsekuensi


Ingatlah konsekuensi ketika Anda hendak melakukannya, apa yang bakal Anda peroleh dari sikap tersebut? Merugikan atau menguntungkan? Konsekuensi tersebut bukan saja hal berorientasi pada diri Anda tetapi juga diluar diri Anda, misalkan undangan untuk melaksanakan tindakan kriminal, konsekuensi yang diperoleh bila melakukannya Anda bisa saja dikelaurkan dari sekolah, kuliah atau institusi tertentu, Anda bisa saja dipenjara alasannya ialah perbuatan Anda, akan tetapi terberat ialah adalah melanggar hati nurani, prinsip, komitmen dan agama.

4. Berkata Jujur


Hal tersulit ialah berkata jujur pada orang lain, alasannya ialah kita tidak ingin menyakiti atau melukai perasaan orang lain, bahkan alasannya ialah kesulitan untuk menyampaikan secara jujur ini menciptakan kita kembali mempertimbangkan kembali tawaran-tawaran tersebut padahal sudah terang bertentangan dengan harapan kita. Tetapi, tidak kah Anda berpikir bahwa Anda telah tidak jujur pada diri sendiri? atau alasannya ialah ingin menghargai, menghormati perasaan orang lain telah mengorbankan diri Anda sendiri.

Jelas proposal yang memaksa itu telah membuktikan ia tidak menghormati Anda, kenapa Anda harus ragu untuk menolaknya?

Dengan empat hal diatas menyerupai yang telah Anda baca supaya diharapkan sekarang Anda mempunyai alasan berpengaruh untuk BERKATA TIDAK pada hal-hal yang memang Anda tidak inginkan. Belajarlah tegas untuk menghormati diri Anda sendiri dengan berlaku jujur mengenai hati nurani Anda sendiri. Jangan takut bila suatu ketika Anda malah akan tidak mempunyai teman, dimusuhi atau bahkan tidak dianggap sekalipun.

Percayalah keputusan Anda ialah yang paling sempurna alasannya ialah Anda telah dengan sadar memutuskannya dengan jujur. Dan percayalah dengan menjadi diri Anda seutuhnya Anda akan menjadi merdeka dan hening tanpa di hantui penyesalan alasannya ialah salah atau bertentangan dengan hati nurani Anda.

Bacaan terkait : Menjadi diri anda sendiri 100 kali lebih hebat

Katakan dengan jujur untuk berkata tidak kalau memang TIDAK, sebaliknya katakan IYA kalau memang hati Anda menginginkannya untuk berkata iya. Ketegasan Anda akan menimbulkan Anda pribadi yang berkelas dan elegan. Semoga dengan cara berkata tidak yang benar menyerupai yang sudah Anda simak akan menimbulkan Anda ringan menjalani hidup Anda dan hari-hari Anda.

Baca juga : Bagaimana menyajikan dan menikmati hidup yang merdeka


Good luck,
Inspirasi Personality