Swipe up untuk membaca artikel

Cara Menciptakan Tape Ketan Khas Muntilan

Cara Membuat Tape Ketan Muntilan - Mendengar kata “Muntilan” aku eksklusif teringat dengan masakan khasnya yaitu tape ketan. Pertama merasakanya ketika seorang sobat kuliah yang berasal dari muntilan membawakan tape ketan ke kampus. Awalnya aku merasa asing dengan tampilanya... ini nasi kok warnanya hijau... tapi sesudah dirasakan ternyata memang enak, manis segar, ada sedikit ada rasa asamnya. Enak juga ni makanan...hehe..
Tape ketan Muntilan (plus.google.com)
Setelah ngobrol sama sang pembawa tape yang baik hati (soalnya dikasih gratisan sih..) ternyata terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Nah sekalian tu aku tanya gimana cara pembuatanya. Dan berikut ini resep cara pembuatanya.

Bahan :

  • 1 kg Beras ketan putih kualitas bagus
  • 600 cc air daun suji (bisa juga mengunakan pewarna makanan)
  • 1 butir ragi tape

Cara menciptakan :

  1. Pertama basuh beras ketan hingga bersih, kemudian rendam dengan air sekitar 7 jam.
  2. Setelah direndam sekitar 7 jam tiriskan beras, kemudian kukus beras hingga berubah warna, kurang lebih 30 menit.
  3. Kemudian didiamkan dan aroni mengununakan air daun suji.
  4. Kukus lagi beras yang sudah di aroni hingga matang dan empuk sekitar 60 menit. Angkat.
  5. Tunggu hingga ketan hirau taacuh kemudian taburi dengan ragi yang sudah digerus hingga merata. Setelah tercampur rata pindahkan ketan ke panci atau wadah yang tertutup rapat.
  6. Tahap terahir diamkan selama sekitar 2 malam kalau sudah tercium busuk dan ketan berubah jadi lembek membuktikan tape sudah jadi.

Catatan :

  • Biasanya ragi dalam bentuk lingkaran padat untuk itu gerus hingga benar-benar halus semoga lebih praktis merata.
  • Pada tahap pengukusan yang kedua anda sanggup mengatur tape ibarat yang anda inginkan, semakin usang mengukus maka hasil tape semakin lembek.
  • Untuk menambah aroma ketika proses fermentasi anda sanggup menambahkan daunjambu air sebagai penutupnya.
  • Sebaiknya ketika mecampurkan ragi jangan mengunakan tangan. Gunakan sendok atau sodet yang bersih. Karena kalau tangan kotor tercampur basil atau wadah akan menciptakan hasil tape masam.
Pembuatan tape memang sedikit gampang-gampang susah alasannya yakni kita melalui tahap fermentasi. Tapi aku yakin kalau cara dan bahanya benar niscaya jadi deh..

Semoga Bermanfaat...


Cake and Bakery