Swipe up untuk membaca artikel

Resep Tumis Bunga Pepaya Dan Tips Ampuh Supaya Tidak Pahit

Tips gampang dan sederhana cara memasak bunga pepaya semoga tidak pahit dengan bumbu resep tumis mudah ini ampuh menciptakan bunga pepaya benar-benar enak dan enak dinikmati tanpa rasa pahit yang mengganggu di lidah.
Tips gampang dan sederhana cara memasak bunga pepaya semoga tidak pahit dengan bumbu resep tum Resep Tumis Bunga Pepaya dan Tips Ampuh Agar Tidak Pahit
Kembang kates atau bunga pepaya diyakini kaya akan khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Namun rasanya yang pahit cukup mengganggu selera makan jikalau kita mengolahnya secara pribadi menjadi masakan sehari-hari di rumah.

Untuk menghilangkan rasa pahit, bunga pepaya memang perlu diolah terlebih dahulu dengan bermacam trik dan banyak sekali cara, menyerupai warisan leluhur dengan tanah liat dan lain sebagainya. Salah satu di antaranya ialah tips yang gampang namun ampuh semoga tidak pahit menyerupai yang diterapkan pada resep tumis bunga pepaya berikut ini.

Bunga pepaya yang direbus bersama air garam dan asam jawa sangat ampuh untuk mengurangi dan menetralisir rasa pahit tersebut. Supaya lebih ampuh kali ini dilakukan 2 kali perebusan, pertama dengan rebusan air dan garam selanjutnya rebus lagi dengan air dan asam jawa.

Praktis dan sederhana, tetapi akhirnya menjadi masakan tumis bunga pepaya yang tidak pahit di lidah, namun juga tidak menghilangkan ciri khas cita rasa dan aromanya, sehingga menjadi santapan yang enak dan lezat.

Bahan Bumbu Tumis Bunga Pepaya :

  • 250 gram bunga pepaya
  • 2 sdm garam dan 1 sdm asam jawa untuk merebus bunga pepaya
  • 2 siung bawang putih dan 3 butir bawang merah, dihaluskan
  • 2 sdm saus tiram
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu abu atau penyedap
  • Minyak untuk menumis
Bumbu iris :
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 batang daun bawang
  • 2 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat merah
Tips gampang dan sederhana cara memasak bunga pepaya semoga tidak pahit dengan bumbu resep tum Resep Tumis Bunga Pepaya dan Tips Ampuh Agar Tidak Pahit

Cara Membuat Tumis Bunga Pepaya :

  1. Petik bunga pepaya (termasuk batang-batang yang kecilnya saja atau lihat sesuai gambar dalam bejana diatas), basuh higienis kemudian rebus dengan air secukupnya hingga terendam bersama 2 sendok makan garam. Setelah mendidih dan layu, kemudian buang air rebusan.
  2. Selanjutnya rebus kembali bunga pepeya dengan air secukupnya bersama 1 sendok makan asam jawa hingga benar-benar mendidih. Matikan api, berikutnya basuh higienis kembali dan tiriskan.
  3. Panaskan secukupnya minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih halus serta bumbu iris hingga harum.
  4. Masukkan bunga pepaya, aduk kemudian beri garam, kaldu abu dan saus tiram. Aduk-aduk dan sesudah tercampur rata serta semuanya matang, matikan api kemudian tumis bunga pepaya sudah siap disajikan.
ANEKA SAYUR MAYUR