Swipe up untuk membaca artikel

Memahami Integritas Diri Dan Manfaatnya

Bagimana memahami integritas diri - Setiap bangunan mempunyai dasar yang disebut fondasi. Tanpa fondasi, hujan, angin, dan cuaca akan menciptakan bangunan itu roboh. Begitu juga manusia, tidak sulit membedakan siapa yang telah membangun kehidupannya diatas fondasi integritas dan siapa yang tidak.

Semuanya dimulai dari itegritas, integritas bukanlah apa yang Anda bayangkan. Integritas itu konkret dan terjangkau dan meliputi sifat-sifat seperti: Bertanggung jawab, Jujur, Menepati kata-kata, Setia pada kasus yang kecil. Anda tidak sanggup berpura-pura mempunyai integritas. Rintangan dan kesempatan gres yang Anda temui setiap hari akan mengungkapkan apa yang ada dalam diri Anda. 

Bila fondasi Anda yaitu integritas, keputusan yang Anda ambil akan membuktikannya. Bila tidak itu juga akan terbukti. Ada harga yang harus dibayar untuk mempertahankan integritas, uang bukanlah faktor yang memilih dalam integritas. Bahkan bila Anda kehilangan uang, ketenaran, dan persahabatan, Anda dilarang menjual integritas. Apapun harganya, integritas mempunyai nilai yang lebih besar. Segala bentuk yang sepertinya merugikan alasannya menjunjung integritas bantu-membantu sama sekali bukan kerugian. Ingatlah segala sesuatu yang Anda miliki hanya bersifat sementara, kesudahannya akan membawa luka yang sulit dilupakan kalau Anda tidak mempunyai integritas dalam diri Anda. 

Integritas diri merupakan cermin diri, eksklusif yang integritasnya tinggi tidak peduli kendala yang terjadi, ia tidak akan gampang termakan oleh tawaran-tawaran atau bujukan yang akan berdampak menghancurkan reputasinya di kemudian hari. Baginya ini yaitu soal moral dan tanggung jawab pribadi, perihal sebuah kesepakatan dalam diri untuk memegang teguh prinsip kejujuran, tanggung jawab dan kesetiaan. Orang yang mempunyai integritas dalam dirinya yaitu eksklusif yang mempunyai prinsip diri yang tegas dalam bersikap dan dalam berperilaku.

Ingin  menjadi orang yang berintegritas tidak menciptakan Anda menjadi sempurna. Dan tidak semua orang selalu mengambil langkah yang benar, tetapi percayalah dengan ketekunan dan percaya pada kekuatan doa, Anda akan bisa menjalani kehidupan yang berintegritas. Kadang-kadang memulai lagi berarti Anda harus memulai kembali dari nol, dari dasarnya lagi, tetapi setidaknya dasarnya memang sudah ada disana. Ada masa ketika secara harfiah kita tidak mempunyai apa-apa lagi kecuali integritas. Saat ibarat itu tidak gampang untuk dijalani, itu yaitu ujian terbesar kalau Anda terpaksa mengalaminya. Tetapi bagi huruf dan masa depan, itu menghasilkan hal-hal yang mengagumkan. Percayalah berinvestasi pada integritas diri akan memperlihatkan kemajuan dan keberhasilan untuk kesuksesan masa depan Anda kedepan.

Apakah integritas mengikat dan membatasi atau apakah justru membawa kebebasan dan kedamaian? Integritas terasa mengekang bagi orang-orang yang tidak ingin melaksanakan apa yang benar, tetapi membawa kebebasan bagi orang-orang yang menyadari manfaat integritas. Integritas, intinya yaitu soal hati.

Pemahaman dasar perihal Integritas yaitu perihal konsistensi sikap diri pada kesamaan antara kata dan perbuatan. Sikap diri yang jujur dan bertanggung jawab merupakan salah satu ciri ciri eksklusif yang mempunyai integritas diri yaitu eksklusif yang jujur dan bertanggung jawab dimana setiap perkataannya bisa dipegang dan di buktikan. Integritas diri yaitu suatu pemahaman yang sanggup diumpamakan sebagai lambang diri atau identitas huruf eksklusif yang sanggup dipertanggung jawabkan. Misalnya, tanggung jawab pekerjaan di kantor sanggup di selesaikan hingga tuntas, prestasi di sekolah sebagai bentuk tanggung seorang siswa di sekolah untuk terus mencar ilmu dan berprestasi, pergaulan dalam lingkungan untuk selalu mejaga kerukunan dan relasi baik antar sesama, ibadah kerohanian sebagai bentuk tanggung jawab moral kepada Tuhan,  dll.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu mengupayakan biar kebutuhan jasmani, intelektual, emosional, sosial, dan rohani terpenuhi secara seimbang. Apabila kita bisa mewujudkan integritas diri sendiri, kita akan memperoleh manfaat yang besar secara menyeluruh dalam kehidupan ini. Apa saja manfaat integritas diri, berikut ini beberapa manfaat dari integritas diri.

Beberapa Manfaat Integritas Diri:


1. Manfaat Secara Fisik: Diri kita akan merasa fit, sehat dan bugar. Kita selalu siap melaksanakan kegiatan atau pekerjaan sehari-hari. 

2. Manfaat Secara Intelektual: Dengan mental dan pengetahuan kita sanggup mengoptimalkan kemampuan otak kita. Otak kita terlatih berpikir secara ilmiah, terlatih menganalisis, dan terlatih menciptakan kesimpulan yang logis dan rasioanal. Kita semakin bisa membuatkan sifat kritis dan rasional. Selain itu, kita juga bisa mengolah banyak sekali data dan gosip yang hingga kepada kita. Kemampuan intelektual yang baik memungkinkan kita untuk mengikuti acara studi yang kita inginkan. 

3. Manfaat Secara Emosional: Diri menjadi penuh motivasi, sadar diri, empati, simpati, solidaritas tinggi, dan sarat kehangatan emosional dalam interaksi kerja. Kematangan emosional yang dimiliki seseorang akan membuatnya sanggup bekerja di bawah tekanan. Kecerdasan emosional berada di wilayah emosi dan bersifat asosiatif. Kecerdasan itu akan menciptakan seseorang bisa mengikuti keadaan terhadap apapun yang sedang dihadapinya.

4. Manfaat Secara spiritual: Menjadikan diri jadi lebih bijaksana dalam memaknai segala sesuatu, termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan, misalnya  keberhasilan, kegagalan, dan penderitaan. Kecerdasan spiritual menciptakan kita sanggup melihat banyak sekali kenyataan atau fenomena kehidupan dalam perspektif yang lebih luas, utuh, dan menyeluruh dalam mengatasi keragaman dan perbedaan yang dihadapi. Dengan kemampuan kecerdasan spiritual juga menciptakan seseorang tidak gampang terombang-ambing oleh kekacauan yang terjadi dalam pergumulan hidup yang mungkin tiba silih berganti.

5. Manfaat Secara Sosial: kita semakin bisa membuatkan relasi baik satu sama lain dalam lingkungan masyarakat, mau bekerja sama untuk menuntaskan kiprah atau kegiatan yang menuntut kekompakan dan kolaborasi yang baik, mempunyai kepekaan hati dan perasaan untuk selalu memberi daerah bagi orang lain di dalam hati kita. Sebagai contohnya, interaksi dengan lingkungan sekitar menciptakan kita tahu kesulitan orang lain. Hal itu akan menciptakan kita ikut turut serta untuk membantu sehingga kita merasa berharga dan bermanfaat bagi orang lain. Kepekaan ibarat ini akan menciptakan kita lebih tanggap terhadap kebutuhan dan impian orang lain, sehingga turut menciptakan suasana hidup bersama menjadi nyaman, tenang dan menyenangkan. Situasi ibarat ini tentunya yang diperlukan semua orang dan harus di wujudkan dalam lingkungan Anda.

Dalam perjalanan hidup Anda, bila Anda pernah mendapati diri Anda tidak mempunyai apa-apa kecuali integritas, bantu-membantu Anda mempunyai lebih dari cukup untuk memulai lagi. Mulailah hidup dengan mempunyai integritas diri yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan kebenaran maka suatu ketika Anda pun akan di benarkan dan di bela Tuhan. Pegang teguh selalu integritas diri Anda dan jangan biarkan seorang pun untuk mengacaukan integritas diri Anda alasannya itu yaitu tanggung jawab Anda sebagai orang yang mempunyai integritas.


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan
Inspirasi