Cara Mengatasi Rasa Frustasi Untuk Segera Bangkit - Hubdat | Hubungan Darat

Cara Mengatasi Rasa Frustasi Untuk Segera Bangkit

Mungkin Anda atau orang lain yang Anda kenal pernah merasa frustasi dan Anda mungkin tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Jangan berkecil hati dulu. Anda sanggup mengubah rasa frustasi menjadi rasa optimis dengan 4 tips kiat cara mengatasi rasa putus asa berikut ini:

1. Mengambil Langah Positif.


Jika untuk mengatasi suatu tindakan, Anda menunggu dulu hingga  datangnya rasa ingin bertindak pada diri Anda, tentunya tindakan itu tidak akan pernah Anda laksanakan. Yang harus Anda lakukan lebih dulu ialah pelaksanaan, perasaan akan menyusul kemudian.

Seperti yang pernah dikisahkan dalam cerita, seorang penyair suatu hari pergi berjalan-jalan disebuah taman dan melihat penggalan sarang burung terhempas diatas rumput. Badai dan topan telah menghempaskan sarang burung itu dari pohon dan sekaligus menghancurkanya. Selagi memikirkan nasib sarang burung yang telah hancur, ia mendongakan kepala ke atas pohon, ia sangat terpana alasannya ialah diatas sana tampak sarang burung gres sudah bertengger diatas ranting pohon. Burung-burung itu tidak sempat terlarut oleh kekecewaan, malahan mereka terpacu mengatasi dilema yang dihadapi.

2. Mulailah Berfikir Positif.


Hanya mereka yang berfikir positiflah yang akan berhasil. Saya berikan pola lainya ihwal mereka yang selalu berfikir posotif dan gigih. Kisahnya ialah mengenai seekor kuda balap berjulukan Man O' War. Di usianya yang gres 2 tahun, kuda itu telah berhasil memenangkan 6 kali perlombaan. Tetapi akhirnya untuk pertama kalinya dalam perlombaan kuda, ia dikalahkan oleh kuda lain berjulukan upset. mengapa? Simak kisah si kuda balap berikut ini:

Hari itu, diluar kebiasaan, kuda dibiarkan menunggu diluar palang hingga 5 menit sebelum perlombaan. Man O' War yang selalu diserang gugup pada ketika sebelum pertandingan dimulai, melaksanakan start yang buruk. Ketika kuda-kuda lainnya sudah menghambur keluar palang, ia gres berada di urutan ke-5 dari 7 kuda lainya.

Kuda-kuda yang sudah biasa memenangkan perlombaan sering merasa gugup dan bahkan pribadi mengalah kalau startnya sudah salah. Tetapi tidak demikian halnya dengan Man O'War. Dengan tenangnya ia mencoba nyusul lawan-lawanya. Ketika hingga dipertengahan garis finish, ia telah berada ke posisi ke-4. Dan ketika tinggal sepertiga dari garis finish ia telah berpindah ke posisi ke-3. Saat kuda-kuda lainya yang di depan hampir mencapai garis finish, ia telah berhasil menempati posisi kedua. Hanya tinggal 10 langkah dari garis finish, kepalanya telah sejajar dengan pelana kuda upset. Seandainya saja garis finishnya masih agak jauh, mungkin ia sanggup menyusulnya dan memenangkan perlombaan.

Tapi ceritanya belum habis hingga disitu, Setahun kemudian, dengan telak Man O'War sanggup mengalahkan UpSet. 

Jika Anda ingin mengatasi rasa putus asa, cobalah berfikir positif. Jika Anda yakin Anda sanggup berhasil, niscaya berhasil, tetapi jikalau Anda tidak yakin berhasil, Artinya Anda sudah gagal duluan.

3. Mengambil Pelajaran Dari Contoh-contoh  Positif.


Salah satu cara atau kiat untuk mengatasi kegagalan ialah dengan mengambil pelajaran atau contoh-contoh nyata dari mereka yang gigih. Cobalah untuk menjiplak mereka!. Orang-orang yang kita tiru sanggup saja orang-orang sukses yang kita kenal langsung. Bisa pula contohnya dengan membaca buku-buku biografi dan mempelajari kelebihan-kelebihan mereka yang Anda kagumi serta mencari tahu bagaimana mereka membuatkan kelebihan-kelebihan tersebut. Singkatnya mungkin contoh-contoh itu sanggup Anda dapatkan dimana saja.

Ada sebuah kisah lagi buat Anda, kisah motivasi yang mengisahkan ihwal seorang kaisar mongolia pada masa 14 berjulukan Tamerlane. Ia melihat sendiri sebuah pola kejadian alami ihwal perilaku positif. Dikisahkan bala tentaranya berhasil dilumpuhkan musuhnya, akhirnya mereka pun bercerai-berai. Kaisar Tamerlane bersembunyi disebuah gudang masakan ternak sementara pasukanya melarikan diri ke luar negeri.

Saat ia tengah terkulai diliputi rasa murung dan putus asa, Tamerlane mengamati seekor semut yang tengah berusaha mendorong penggalan jagung naik ke atas tembok. Ukuran butiran jagung itu sendiri lebih besar dari tubuhnya. Ia menghitung telah 69 kali si semut berusaha membawa jagung tersebut naik ke tembok, dan setiap kali itu pula ia terjatuh. Baru pada hitungan ke-70 kalinya ia berhasil mendorong penggalan jagung tersebut naik ke tembok.

Tamerlane terhenyak bangun dari duduknya dan berteriak! Kalau begitu, ia pun akhirnya sanggup menang!. Dan benar, ia berhasil! Setelah mengumpulkan kekuatanya kembali dengan gampang ia mengalahkan musuhnya. Daerah kekuasaannya kemudian meluas dari Laut Hitam hingga ke wilayah hulu sungai Gangga.

4. Mengembangkan Sikap Gigih.


Kegigihan dalam berusaha merupakan salah satu kiat terpenting dalam mencapai suatu keberhasilan. Mereka ialah orang-orang yang pantang mengalah walaupun berkali-kali mengalami kegagalan. Keberhasilan hanya sanggup dicapai oleh mereka yang sanggup mengatasi rintangan dan rasa putus asa. Keberhasilan seseorang bukan dinilai dari hasil yang telah dicapainya, tetapi dari berat ringan dan jumlah rintangan-rintangan yang ia hadapi ketika ia berusaha meraih keberhasilan itu sendiri.

Bagaimana cara mengatasi kegagalan untuk meraih sukses atau keberhasilan? Saya punya kalimat cantik yang sanggup Anda gunakan. 

Kalimat-kalimat Positif yang penuh semangat untuk meraih keberhasilan:


1. Saya tak akan pernah mengalah jikalau saya tahu bahwa apa yang saya lakukan itu benar.

2. Saya yakin akan sanggup mengatasi semua rintangan jikalau saya terus berusaha hingga berhasil.

3. Saya tetap berani dan tak gentar walaupun banyak sekali rintangan menghadang.

4. Tak seorang pun saya biarkan menghipnotis saya atau menghalangi tujuan saya.

5. Saya akan berusaha sekuat tenaga mengatasi kelemahan-kelemahan fisik serta kekuarangan saya.

6. Saya akan terus bersaha dengan ggih untuk menggapai apa yang saya cita-citakan.

7. Saya akan berusaha memperbaiki serta memperbaharui perilaku saya dengan berpedoman pada pengalaman cara orang-orang sukses mengatasi kegagalan.

8. Saya akan pantang mundur dan pantang berputus asa sesulit apapun rintangan yang harus saya hadapi.

Kalau kita ingin berhasil. jangan sekali-kali meremehkan sifat gigih. Sifat ini merupakan salah satu sifat yang harus dipupuk guna mengatasi rasa putus asa.

Berikut kiat-kiat tips cara meningkatkan kegigihan:


1. Tujuan Yang Pasti.


Yang pertama-tama harus Anda miliki dan sekaligus merupakan langkah awal paling penting untuk membuatkan perilaku gigih dalah mempunyai tujuan yang pasti. Motivasi yang tinggi akan sangat membantu Anda mengtasi kesulitan-kesulitan.

2. Niat.


Untuk sanggup mengenbangkan serta memelihara perilaku gigih dalam mengejar apa yang Anda ingin raih akan lebih gampang jikalau dilakukan dengan niat.

3. Target.


Dengan telah ditentukannya sasaran serta rencana, maka akan berkembang pada diri Anda perilaku gigih.

4. Pengetahuan yang Akurat.


Tugas pertama yang wajib Anda lakukan ialah mewujudkan rencana. Berdasarkan pengalaman serta hasil studi, dengan mengetahui bahwa planning suda akan lebih terpola, keinginan untuk mewujudkan akan lebih terarah. Jika planning belum tepola hasil yang didapat niscaya berbeda.

5. Kerjasama.


Kegigihan akan terpupuk jikalau kita juga senantiasa membuktikan perilaku simpati, pengertian serta mau berafiliasi dengan orang-orang lain.

6. Tekad.


Tekad untuk mengarahkan seluruh planning semoga sanggup terwujud akan semakin memantapkan perilaku gigih.

7. Kebiasaan.


Sikap gigih sanggup terbentuk alasannya ialah faktor kebiasaan. Munculnya perilaku tersebut didapat melalui pengalaman hidup sehari-hari.

Mereka yang selalu memelihara perilaku nyata lebih sanggup menikmati hidup bagaimana pun keadaan mereka. Bahkan jikalau telah terbiasa mengatasi kegagalan dan pantang menyerah, Mereka akan lebih luwes mengatasi kendala-kendala berikutnya yang harus mereka hadapi. Mereka sanggup dengan gampang mewujudkan segenap impian serta keberhasilan yang ingin dicapai.


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Rasa Frustasi Untuk Segera Bangkit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel