Swipe up untuk membaca artikel

Tips Bagaimana Penampilan Sekretaris Yang Berkelas Terlihat Menarik, Anggun, Dan Elegan

Penampilan Sekretaris menjadi perhatian yang utama dalam menjalani profesi sekretaris yang merupakan salah satu profesi yang mengutamakan penampilan. Pertanyaan-nya kemudian, Bagaimana cara penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun dan elegan? Memang kecantikan bukanlah syarat mutlak, akan tetapi sekretaris harus tahu bagaimana cara harus menampilkan diri. Bagaimana cara Anda duduk, berbicara, berjalan, berdiri, berpakaian dan merias diri.

Penampilan utama seorang Sekretaris sanggup diukur dari kepribadiannya. Oleh alasannya itu seorang sekretaris hendaknya berperilaku sesuai dengan norma dan etis seorang sekretaris. Selain itu penampilan sekretaris untuk sanggup melaksankan kiprah dengan sebaik-baiknya, dan sanggup menampilkan diri secara terampil. Keahlian atau keterampilan yang baik dan kualitas kerja yang tingi memang sangat dibutuhkan, akan tetapi kesan yang jelek bisa menutupi keahlian Anda yang paling tepat sekalipun.

Respons Positif atau negative tergantung dari image yang Anda berdiri sendiri, contohnya melalui cara berpakaian , sikap dan perbuatan, sopan santun dan lain-lain. Relasi bisnis pimpinan Anda bahkan menerima kesan pertama akan perusahaan Anda dari diri seorang sekretaris. Sekretaris yang sukses sangat memperhatikan cara penampilan yang baik.

Untuk Anda yang kebetulan bekerja dalam bidang sekretaris atau akan menjadi seorang sekretaris wajib tahu pentingnya penampilan bagi sekretaris, kira-kira hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan, sehingga akan tercipta respon yang bersifat positif dari atasan, rekan kerja dan juga orang lain yang ada di sekitar Anda?

 menjadi perhatian yang utama dalam menjalani profesi sekretaris yang merupakan salah satu Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan

Tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun, dan elegan:


1. Tata cara berdandan sekretaris


Cara berdandan seorang sekretaris tidak perlu menor dan glamour biar terlihat menarik. Berdandanlah dengan natural dan diadaptasi dengan waktu dan posisi dimana Anda berada. Jangan menggunakan aksesoris atau make-up yang berlebihan alasannya akan terlihat norak dan akan menjadikan kesan yang negatif bagi orang lain dan akan dianggap orang yang tidak mengetahui tata krama berdandan.

Cobalah untuk improvisasi sebaik mungkin dengan cara yang cerdas memahami bagaimana penampilan sekretaris profesional agar terlihat perempuan berkelas, terlihat menarik dan penuh rasa percaya diri. Kesan positif itu harus Anda berdiri sebaik mungkin untuk kesuksesan karir Anda sebagai seorang sekretaris.

  • TAS
Sekretaris yang mengikuti mode akan memperhatikan apakah tas yang akan digunakan keesokan harinya sesuai dengan pakaian yang akan di pakai. Sebaiknya sekretaris mempunyai lebih dari satu tas dalam aneka warna, besar dan kecil untuk aneka kesempatan, bila tidak, tas hitam merupakan pilihan tepat untuk seluruh koleksi pakaian anda.

  • SEPATU

Disarankan lebih baik tidak untuk menggunakan sepatu sandal atau sepatu yang tidak berhak. Sepatu yang bertumit tinggi lebih sedap di pandang dan menciptakan figur tubuh anda lebih tegap sewaktu berjalan dan hal itu akan menciptakan Anda tampak terlihat anggun menyerupai perempuan elegan. Perencanaan pemakaian jenis sepatu juga perlu dilakukan. Apakah sepatu yang akan digunakan masih dalam keadaan baik, solnya, atau kulitnya. Apakah telah disemir dan telah sesuai warnanya dengan pakaian yang akan dipakai.

  • PARFUM

Pentingnya penampilan bagi sekretaris dalam kehidupan kantor bukan saja hanya pada teladan cara berpakian, namun perlu untuk di perhatikan juga bahwa parfum memegang peranan penting yang Anda butuhkan. Dan tampaknya untuk tampil fresh dan amis setiap ketika penggunaan parfum musti lebih secara umum dikuasai dari pada asesori/perhiasan. Pilihlah parfum yang cocok dengan tipe kepribadian Anda dan tentu saja yang aromanya tidak terlalu menyengat. Dengan penggunaan parfum yang tepat akan memperlihatkan Anda efek rasa percaya diri untuk bergerak.

2. Tata Rambut Seorang Sekretaris


Tata rambut seorang sekretaris harus diperhatikan jangan hingga mengganggu ketika Anda sedang bekerja, contohnya terlalu panjang, terurai tanpa diikat. Adalah tidak sopan kalau sekretaris harus menyisir dan membenahi rambut di ruangan kerja, terlebih lagi kalau sedang ada tamu atau client di ruangan tersebut. Sebenarnya bagi Anda yang berkarir di bidang sekretaris ini mengenai  model atau gaya rambut sekretaris harus diperhatikan dengan betul, disamping kebersihan, rambut juga harus di pelihara, model gondrong atau crew cut juga tidak disarankan untuk seorang sekretaris.

Baca juga : Model rambut perempuan biar terlihat menarik, anggun dan elegan

3. Tata cara berpakaian sekretaris yang baik


Agar sanggup berpenampilan menyerupai wanita elegan yang profesional, penampilan sekretaris kantor yang baik dan menarik tidak dilihat dari pakaiannya yang bagus ataupun yang harganya mahal, dengan kata lain pengertian penampilan yang baik maksudnya dilihat dari kesesuaian pakaiannya atau cara menyeimbangkannya dengan cara bersolek atau menggunakan aksesorisnya.

Dan yang paling utama agar terlihat menarik dalam berpenampilan yaitu menggunakan pakaian yang higienis dan rapi. Pakaian yang sederhanapun apabila rapi, higienis dan sopan maka akan terlihat menarik dan berkelas.

Perlu di ingat bahwa cara berbusana yang baik merupakan ciri khusus, memperlihatkan kepribadian dan kewibawaan bagi seorang sekretaris. Berbusana yang baik berarti penampilan diri (personal appearance) secara keseluruhan mulai dari dandanan gaya rambut, wajah, badan, kaki dan segala kelengkapannya.


Hal yang harus diperhatikan seorang sekretaris pada ketika berbusana :


  • Waktu

Umumnya jam kerja seorang sekretaris berkisar antara pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Oleh alasannya itu, pengaturan dan pemilihan busana hendaknya sesuai untuk digunakan pagi, siang hingga sore hari. Misalnya rok dan blus ditambah jas atau blazer.

  • Keadaan Jasmani

Seorang sekretaris perlu mawas diri di dalam memilih, menentukan, dan menggunakan pakaian dengan memperhatikan keadaan ciri-ciri jasmaninya, menyerupai tinggi, pendek, gemuk, kurus, kulit sawo matang, kuning langsat, dan sebagainya. Selain itu juga memperhatikan usia.

  • Iklim

Dikarenakan negara kita mempunyai iklim panas dengan demam isu hujan dan kemarau, maka seorang sekretaris harus sanggup beradaptasi dalam berbusana dengan keadaan iklim dan cuaca.

  • Bahan, warna, motif pakaian

Walaupun mode pakaian berubah-ubah, hendaklah pakaian yang Anda gunakan cocok untuk kantor daerah anda bekerja dan pekerjan yang anda jalankan. Salah satu tuntutan profesi sekretaris untuk selalu bekerja cepat, lebih baik diantisipasi dengan pakaian yang mudah dan sedikit sportif. Pilihlah pakaian yang pantas dan menciptakan diri anda percaya diri, tentu saja menarik, yang cocok dengan bentuk dan tinggi tubuh, serta warna kulit Anda.

Pakaian tidak harus selalu branded dari produk-produk yang ternama, akan tetapi hendaknya terlihat berkualitas. Yang penting, Sebagai seorang sekretaris perlu memperhatikan pengaturan perpanduan warna, mempunyai cita rasa (taste) yang baik biar dengan pakaian tersebut Anda sanggup mengubah penampilan menjadi lebih baik dan terlihat elegan serta sanggup menambah rasa percaya diri Anda.

Atur dan rencanakan lemari pakaian Anda sedemikian rupa sehingga tidak membeli pakaian yang cepat lusuh, cepat out of fashion (ketinggalan zaman), membosankan, sulit dikombinasikan atau tidak kurang cocok dengan banyak situasi. Belilah pakaian yang gampang dikombinasikan dan usahakan dengan model pakaian atau busana yang kekinian, sehingga dengan jumlah terbatas anda akan mempunyai variasi pakaian cukup banyak.

Bahan yang umum digunakan diantaranya sutra, katun, wool, rayon dan nylon. 
Pengaruh warna sanggup dikategorikan menyerupai :
1. Warna damai (kuning muda, nila, abu-abu, hijau muda, biru muda)
2. Warna cerah (biru laut, hijau jamrut, merah bata, kuning emas, jingga)

4. Gaya atau sikap sekretaris profesional

  • Sikap Duduk

Selama sekretaris duduk ditempat kerjaannya, kaki diatur serapi dan sesopan mungkin dengan telapak kaki diarahkan miring. Apabila anda duduk dikursi tamu jangan bersandar, sedangkan bila anda duduk dibelakang meja, biasakan merapatkan punggung dengan sandaran bangku atau paling tidak tubuh tetap tegak. Duduk lemas apalagi hingga merosot menjadikan kesan negatif (malas).

Penting untuk Anda ketahui cara duduk seorang sekretaris dalam mendapatkan tamu atau berbicara dengan tamu harus menjaga jangan hingga terlihat letih, lesu, kurang percaya diri atau memberi kesan bermalas malasan.  Hindari gaya pose yang memperlihatkan kesan sensual , demikian juga ketika berjalan seharusnya tidak menunduk atau sambil menggigit jari dan tersipu malu.
 
Gaya ini biasanya dilakukan oleh sekretaris yang kurang percaya diri. Cara berbicara seorang sekretaris pun harus diperhatian baik itu intonasi tinggi rendah nada dalam mengucapkan kalimat selain harus sanggup terdengar sangat terperinci juga musti terkesan ramah dan sopan. Dengan demikian Anda akan terlihat sangat anggun dan elegan.

  • Sikap Berdiri

Berdirilah dengan tegak. Untuk mendapatkan posisi ini, perut harus ditarik dan dada dibusungkan. Dalam situasi santai anda boleh saja meletakkan tangan didepan atau di belakang tubuh sambil berpegangan. Hindari berdiri dengan satu kaki, bersandar maupun bertolak pinggang di jalan.

  • Sikap Bicara

Pandanglah mata lawan bicara anda, jangan terlalu banyak menggoyang-goyangkan tangan atau bab tubuh/wajah lainnya ketika anda berbicara (mengernyitkan dahi, memonyongkan mulut, memutar-mutar mata) apalagi sambil menggaruk-garuk kepala, membunyikan jari-jari tangan, membersihkan gigi dengan jari/kuku, mengupil atau mengorek-ngorek telinga.

Berbicaralah dengan volume bunyi yang jelas, tidak terlalu keras dan jangan pula berbisik-bisik. Usahakan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh lawan bicara atau bila terdapat anggota kelompok yang tidak mengerti bahasa yang anda gunakan terjemahkan apa yang anda katakan biar ia tidak merasa tersisihkan.

  • Sikap Diam

Hindari kebiasaan menggigit kuku/pensil/bolpen, mengetuk-ketuk meja atau menggaruk-garuk kepala bila Anda sedang membisu dan berpikir. Bila Anda sedang berkonsentrasi memikirkan suatu hal, usahakan jangan hingga melupakan situasi sekeliling Anda dan kemudian jangan menciptakan kaget, bila sesuatu terjadi.

Penampilan yang ideal dari seorang sekretaris diorientasikan pada kepribadian diri atau gambaran diri dari diri nya sendiri. Tampil dengan rapi, higienis dan segar serta kesan percaya diri, manis bukan merupakan syarat mutlak menjadi seorang sekretaris, namun yang paling penting ialah inner beauty sekretaris itu sendiri. Dimanapun sekretaris itu berada ia harus bisa menjaga gambaran perusahaan dengan tidak terlibat tindak kriminal atau tindak pidana yang lain.

Ciri-ciri dari seorang sekretaris yang ideal ialah sebagai berikut:


  • Baik dan bertanggung jawab
  • Menampilkan gambaran perusahaan
  • Memahami wewenang dan tanggung jawab dengan baik
  • Mampu dan cendekia menjaga diam-diam perusahaan
  • Menguasai teknologi dan tidak kudet (kurang update)
  • Cekatan, terampil, cermat, dan pintar
  • Memahami aksara atasan
  • Memiliki sopan santun yang baik
  • Pandai berbicara di depan publik
  • Mampu menjaga kondisi fisik dan psikhis dengan baik

Dalam dunia sekretaris sering terdapat istilah grooming yang artinya penampilan diri. Grooming atau penampilan diri yaitu suatu penampilan seseorang yang sanggup menggambarkan dan mencerminkan kepribadian seseorang.

Tumbuhkan rasa percaya diri dan kepribadian yang kuat

Sebenarnya tanpa memoles Make up, seseorang sanggup tetap memperlihatkan kecantikannya, yaitu dengan menumbuhkan gambaran diri yang positif. Citra diri ialah persepsi/pradigma/konsep sendiri perihal dirinya, identitas, kemampuan, dan martabatnya. Kecantikan diri dari dalam bersinar lebih cemerlang dari pada kecantikan hasil polesan semata. Yang lebih penting ialah gambaran positif bisa menciptakan anda berpikir positif dan pada jadinya menuntun anda mencapai sukses.

Sopan santun yang berafiliasi dengan penampilan seorang sekretaris yang wajib diperhatikan dalam lingkungan kerja sekretaris, yaitu :

1. Jangan berpakaian terlalu terbuka atau menerawang. Jangan juga berseksi-seksi dengan rok yang terlalu pendek.

2. Jangan bermake-up atau membetulkan make up di meja, lakukanlah di toilet.

3. Jangan melepas sepatu ketika bekerja, apalagi berjalan ke meja lain. Sangat tidak di anjurkan mengganti sepatu dengan sandal dan kemudian mempergunakannya sambil berjalan-jalan di sekitar kantor.

Kenyataan bahwa penampilan merupakan faktor utama ketika Anda di pilih atau diterima untuk posisi sekretaris menyerupai halnya kemampuan kerja dan kepribadian Anda. Dengan penampilan yang berbeda itu, orang dengan gampang menunjuk yang mana sekretaris dari antara sekelompok staf wanita di kantor anda.

Demikian ulasan mengenai bagaimana penampilan sekretaris yang baik dan profesional, semoga tips bagaimana penampilan sekretaris yang berkelas terlihat menarik, anggun dan elegan sanggup memperlihatkan wangsit bagi Anda yang kebetulan hendak berkarir di bidang ini maka apa yang saya sajikan ini bisa menjadi refrensi buat Anda. Good luck.

Sumber : Berbagai sumber
Baca juga : Cara perempuan berkelas tampil menarik dan percaya diri

the-BC

Karir Personality