Swipe up untuk membaca artikel

Cara Untuk Membentuk Sikap

 Segala sesuatu semenjak Anda dilahirkan dipakai oleh alam bawah sadar sebagai masukan yang Cara Untuk Membentuk SikapCara untuk Membentuk Sikap Anda, langkah pertamanya yaitu masukan/inputan. Segala sesuatu semenjak Anda dilahirkan dipakai oleh alam bawah sadar sebagai masukan yang akan membentuk sikap. Jelas Anda mustahil mengulang kembali proses kelahiran. Yang sanggup Anda lakukan kini yaitu mengubah masukan. Ini akan menghipnotis pikiran dan seluruh badan Anda secara positif. Perlu di ingat bahwa untuk mengubah sikap, Anda harus mengubah teladan pikir.

Kemudian langkah kedua dalam pembentukan sikap yaitu pemrosesan masukan yang kita terima. Anda mendengar apa yang dikatakan orang lain, melihat apa yang mereka lakukan, dan memproses informasi itu dan menentukan sikap Anda. Ketika Anda bertindak menurut kepercayaan, secara sedikit demi sedikit itu menjadi teladan pikir alias sikap.

Saya langsung mungkin menentukan untuk percaya bahwa saya sanggup melaksanakan apa saja. Saya terbangun pada pagi hari tanpa pernah membayangkan kemungkinan kekalahan. Itu memengaruhi segala sesuatu yang saya lakukan, katakan atau pikirkan.

Unsur yang terakhir atau langkah ketiga untuk membentuk sikap yaitu pengokohan/Peneguhan. Ketika Anda menentukan suatu sikap, itu akan berakar berpengaruh sementara Anda menerapkanya hari demi hari.

Ke tiga langkah untuk membentuk sikap ini bekerja sama dengan indah. Namun seandainya ada sikap tertentu yang menghalangi kesuksesan yang sebetulnya sanggup Anda raih, dapatkah Anda mengubah sikap itu?Ya, Anda sanggup mengubahnya!

Mengubah suatu sikap tidak gampang dan tidak sanggup dilakukan dengan cepat, tetapi kemungkinan itu ada. Pertama, Anda harus menentukan untuk berubah!

4 Prinsip Dasar untuk Mengubah Sikap:


  • Taburlah suatu pemikiran, Anda akan menuai suatu tindakan.

  • Taburlah suatu tindakan, Anda akan menuai suatu kebiasaan.

  • Taburlah suatu kebiasaan, Anda akan menuai karakter.

  • Taburlah karakter, Anda akan menuai untung.

     

3 Hal Penting untuk Membentuk Sikap:


Sikap beroperasi di tiga bidang: Pikiran, Perkataan dan Perilaku. Apa yang memenuhi pikiran Anda alhasil diubah menjadi kata-kata yang Anda ucapkan, kemudian kata kata Anda akan melahirkan tindakan. Anda sanggup melaksanakan intevensi dalam proses pembentukan sikap pada salah satu dari ketiga hal; Pikiran, Perkataan atau Perilaku.

1. Bentuklah Pikiran Anda.


Setiap kali Anda menyadari diri Anda sedang berfikir contohnya "Saya tidak bisa" atau "Saya takut", berhentilah dan katakan kepada diri Anda, "Hei, lihat lagi. Saya akan mengambil kesempatan ini. Saya sanggup melakukanya!"

Atau buatlah pesan kesuksesan Anda sendiri, contohnya "Saya tahu saya sanggup melaksanakan ini" atau "Saya percaya saya-lah orang yang sempurna untuk melaksanakan ini!" atau apapun, buatlah afirmasi nyata buat diri Anda sendiri. Penting untuk Anda ketahui diam-diam permainan pikiran ini, hal yang penting untuk dikerjakan yaitu menghancurkan teladan pikir otomatis yang negatif.

2. Ubahlah Pola Perkataan Anda.


Seberapa sering Anda mengucapkan perkataan negatif atau mengungkapkan keraguan, tidak percaya kepada kemampuan Anda, atau ketakutan? Tulislah beberapa perkataan nyata yang akan Anda pakai jika ada kesempatan. Pastikan kata kata nyata itu mengungkapkan jenis sikap sukses yang ingin Anda terapkan. Berlatihlah mengucapkanya sehingga Anda akan mengingat kata-kata nyata itu saat diperlukan.

3. Ubahlah Perilaku Anda.


Seorang sobat saya menerima project yang menantang dalam pekerjaanya. Bukanya mulai mengerjakanya, ia malah duduk santai di depan televisi. Ketika ia menyadari apa yang sedang dilakukanya, ia berusaha bangkit, bangun dari daerah duduknya, mematikan televisi itu dan mulai mengerjakan project-nya itu. Intervensi terhadap sikap Anda sering kali merupakan hal yang paling gampang untuk mulai melaksanakan perubahan.

Di bab mana Anda melaksanakan intervensi itu terserah Anda, alasannya kepribadian Anda unik dan kemampuan Anda tidak sama dengan orang lain alias berbeda.

Tips Cara untuk melaksanakan Intervensi Merubah Sikap.


Salah satu cara paling efektif melaksanakan intervensi mengubah sikap yaitu memakai Prinsip Kekuatan Pikiran untuk mengubah sikap Anda, yang meliputi memakai teknik visualisasi, mengikuti rencana tertentu, menciptakan rencana untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Mulailah dengan melewatkan waktu sejenak untuk bersantai dengan tenang, buatlah diri Anda relax. Singkirkan dulu semua kekhawatiran, ketakutan dan kecemasan.

  • Bacalah teks yang Anda tulis yang menggambarkan sikap atau keyakinan yang ingin Anda terapkan.

  • Secara aktif, bayangkan diri Anda sedang bertindak, berbicara, atau mencicipi sesuai dengan sikap atau iktikad tersebut.

  • Akhirnya, melalui visualisasi, wujudkanlah dalam tindakan.

Sikap, alasannya merupakan teladan pikir atau kebiasaan kita dalam berfikir, tidak terbentuk dalam semalam. Sediakan waktu untuk menyerap masukan atau inputan yang gres dan nyata untuk menciptakan perubahan yang di inginkan. Rencanakan pengokohan yang positif, yaitu menawarkan reward atau hadiah kepada diri Anda jika Anda berhasil melakukanya.

Penting untuk mengukur kemajuan/perkembangan Anda dengan membandingkan posisi kini dengan posisi saat gres mulai. Ini akan mendorong Anda melanjutkan upaya atau perjuangan untuk bertumbuh dengan mengambarkan bahwa pertumbuhan itu mungkin terjadi. Jangan lupa bersyukur atas kemajuan Anda yaitu bab penting dari proses peneguhan/kemantapan hati Anda.

Manfaat dari Sikap yang Positif:


  1.  Semangat bertambah

  2.  Terbebas dari kungkungan ketakutan

  3.  Daya kreativitas meningkat

  4.  Kepuasan dalam mengambil inisiatif

  5.  Sukacita saat memakai lebih banyak potensi yang diberikan Tuhan.

  6.  Kesempatan yang tidak terbatas.

  7.  Bertambahnya teman-teman dan rekan-rekan yang juga bersikap positif.

  8.  Efisiensi yang semakin bertambah dalam memanfaatkan waktu dan energi Anda.


Apakah Anda masih mungkin melaksanakan kesalahan? Ya, tentu, mungkin saja, tetapi melaksanakan beberapa kesalahan masih lebih bermanfaat daripada menghindarinya. Orang-orang yang sangat takut melaksanakan kesalahan tak mau mengambil resiko dan dengan demikian tidak akan bertumbuh atau belajar.

Tergantung pada sikap Anda, setiap rintangan dan tantangan berpotensi menjadi hal terbaik yang pernah terjadi pada Anda. Sikap Andalah yang menentukan! kata bijak Aristoteles mengatakan:
"Kita yaitu apa yang sering kali kita lakuan; keunggulan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan."

Baca juga : Motivasi Sukses Janji Sang Optimis


Blog Motivasi dan Inspirasi Kehidupan
Inspirasi Motivasi