Swipe up untuk membaca artikel

Resep Cara Menciptakan Susu Kedelai Murni Sendiri

 atau susu yang terbuat dari kacang kedelai murni sangatlah gampang RESEP CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI MURNI SENDIRI
Cara Membuat Susu Kedelai atau susu yang terbuat dari kacang kedelai murni sangatlah mudah, dimana kandungan gizi dan nutrisinya sudah tidak diragukan lagi. Proses pembuatannya sederhana hanya membutuhkan materi berupa kacang kedelai dan air, kadar air diadaptasi berdasarkan kekentalan yang diinginkan. Adapun penambahan daun pandan atau vanili, gula dan garam biasa dipakai untuk meminimalisir rasa langu dari kedelai. Sedangkan dalam upaya untuk menambah khasiat dan menghasilkan rasa yang yummy dan variasi, biasa juga juga ditambah dengan bahan-bahan menyerupai serai, jahe cengkih, kayu manis, abu coklat, teh abu dan lain sebagainya.

Proses Dasar Membuat Susu Kedelai Murni Sendiri :
  1. Pertama-tama ialah mencuci kacang kedelai dengan air higienis kemudian rendam 10 jam atau semalaman hingga ukurannya membesar dan empuk. Setelah itu, bersihkan kulit arinya.
  2. Masukkan dalam blender kedelai dengan air kira-kira 1 : 3, bila 1 mangkuk kedelai campurkan dengan 3 mangkuk air. Blender hingga halus kemudian saring dengan kain putih atau kain kasa atau saringan yang lubangnya kecil. Dapat juga dilakukan blender dan penyaringan berulang dari 3 bab air supaya sari kedelai keluar lebih banyak.
  3. Tahap berikutnya ialah perebusan yang bertujuan untuk menyeterilkan dari kuman, beraroma, menambah khasiat bagi badan serta mengurangi aroma kedelai yang masih langu. Rebus dengan api sedang sambil diaduk-aduk supaya susu tidak pecah. Pada perebusan ini kita sanggup menambahkan bahan-bahan sesuai keinginan, contohnya daun pandan atau vanili, jahe, abu coklat, gula, sedikit garam atau lainnya. Jika memakai vanili, jangan kebanyakan memasukkan vanili, akan menyebabkan rasa pahit.
  4. Minuman ini cocok di sajikan selagi hangat maupun didingankan dahulu di kulkas.
RESEP SUSU KEDELAI
Berikut salah satu kreasi resep susu kedelai yang yummy dan sederhana.
Bahan :
  • 250 gram kacang kedelai, basuh bersih
  • 1,5 liter air
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, ikat
  • 3 lembar daun jeruk
CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI :
  1. Rendam kedelai dengan air hangat semalaman. Setelah mekar, basuh higienis dan buang kulit arinya.
  2. Blender dengan air hingga benar2 halus kemudian saring.
  3. Rebus dengan api sedang dicampur dengan gula, daun pandan dan daun jeruk. Aduk-aduk terus hingga mendidih, jaga jangan hingga meluap.
  4. Setelah cuek saring dengan kain katun yang bersih. Sajikan hangat atau cuek sesuai selera.
 atau susu yang terbuat dari kacang kedelai murni sangatlah gampang RESEP CARA MEMBUAT SUSU KEDELAI MURNI SENDIRIRESEP VARIASI MINUMAN SUSU KEDELAI
Bahan :
  • 2 cangkir susu kedelai
  • 8 kantong teh putih rasa peach
  • 3 cangkir irisan buah persik beku
  • ¼ cangkir madu
CARA MEMBUAT :
  1. Panaskan susu kedelai sambil diaduk hingga hangat (jangan hingga mendidih). Tambahkan teh celup dan masukkan ke dalam susu kedelai, diamkan selama 5 menit.
  2. Buang teh celup, masukkan adonan susu kedelai dalam lemari es selama 15-20 menit hingga dingin.
  3. Masukkan susu kedelai dingin, persik dan madu ke dalam blender atau food processor. Blender dengan kecepatan tinggi sekitar 1 menit atau hingga halus, tuang ke dalam gelas kemudian sajikan.
ANEKA MINUMAN