Cara Menciptakan Lontong Plastik, Daun Pisang Dan Ketupat - Hubdat | Hubungan Darat

Cara Menciptakan Lontong Plastik, Daun Pisang Dan Ketupat

 perbedaan hanya terletak pada pembungkusnya CARA MEMBUAT LONTONG PLASTIK, DAUN PISANG DAN KETUPAT
LONTONG DAN KETUPAT
Lontong atau ketupat sama-sama terbuat dari beras, perbedaan hanya terletak pada pembungkusnya. Jika ketupat dibentuk dengan bungkusan daun kelapa yang masih muda atau janur yang dianyam, sedangkan lontong lebih mudah dengan dibungkus daun pisang bahkan sanggup pula dengan plastik. Selain itu, ketupat sanggup juga dibungkus dengan daun pandan.

Cara gampang dan sederhana menciptakan lontong plastik, bungkus daun pisang maupun ketupat sanggup dilihat dalam penjelasannya, dimana sebelumnya menyiapkan materi menciptakan lontong dan ketupat di bawah ini.
  • beras, basuh higienis dan tiriskan
  • air secukupnya
  • daun pisang untuk membungkus lontong
  • bungkus/ kulit ketupat untuk menciptakan ketupat
  • plastik kemasan standar ½ kg
1. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS DAUN PISANG :
  1. Potong-potong daun pisang menjadi lembaran-lembaran untuk membungkus kemudian celupkan 2 detik dalam air mendidih semoga layu dan tidak gampang pecah ketika disemat, kemudian keringkan.
  2. Buat selongsong atau gulung-gulung lembaran daun pisang, sisi dalam berwarna hijau bau tanah dengan garis tengah 3-4 cm. Kemudian salah satu ujungnya disemat dengan lidi.
  3. Masukkan beras ke dalam selongsong tersebut, namun cukup hingga setengahnya saja. Kemudian semat kembali sisi yang lain. Masukkan ke dalam panci, isi air hingga selongsong terendam.
  4. Rebus hingga matang dan lontong terasa padat. Gulungan lontong harus tergenang air, tambahkan air panas jikalau tidak terendam. Setelah diangkat, sirami lontong dengan air matang masbodoh supaya kulit tetap bersih, tiriskan dan dinginkan dengan posisi miring/ berdiri supaya airnya benar-benar tiris.
2. CARA MEMBUAT KETUPAT :
  1. Beras yang sudah dicuci higienis sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan sanggup dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus ketupat tidak lebih dari 2/3 bab isi.
  2. Didihkan air, masukkan ketupat kemudian rebus hingga matang selama 4-5 jam dan pastikan ketupat selalu terendam. Tambahkan air panas jikalau ketupat tidak terendam.
  3. Angkat, siram dengan air matang masbodoh supaya kulit ketupat tetap bersih, tiriskan dengan digantung hingga kering.
Tips : Cara lain, beras sanggup dimasak setengah matang atau diaron kemudian masukkan ke dalam bungkusan ketupat atau bungkusan lontong kemudian rebus.

3. CARA MEMBUAT LONTONG BUNGKUS PLASTIK
  1. Beras yang sudah dicuci higienis sebaiknya direndam selama 3 jam. Tiriskan dan sanggup dicampur dengan sedikit kapur sirih untuk membantu proses pemadatan. Masukkan beras ke dalam bungkus 1/3 isi plastik kemudian ikat atau staples ujung atasnya. Lubangi masing-masing dengan tusuk gigi sekitar 10 lubang secara merata.
  2. Panaskan air, masukkan ketupat kemudian rebus dengan api sedang hingga matang selama 2 jam dan pastikan selalu terendam. Tambahkan air panas jikalau lontong tidak terendam air rebusan.
  3. Angkat dan dinginkan lontong dengan cara dibiarkan terkena angin dalam wadah terbuka.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cara Menciptakan Lontong Plastik, Daun Pisang Dan Ketupat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel