10 Tips Membina Persahabatan Yang Sejati - Hubdat | Hubungan Darat

10 Tips Membina Persahabatan Yang Sejati

 ibarat syair lagu yang dinyanyikan oleh artis ternamaan di negeri ini 10 Tips Membina Persahabatan yang sejati
Persahabatan bagai kepompong, benarkah demikian? ibarat syair lagu yang dinyanyikan oleh artis ternamaan di negeri ini. Apapun definisi Anda wacana "persahabatan" tidak akan pernah mengubah kata dasar itu sendiri "SAHABAT" Sahabat yang menemani hari-hari kita. Ada beberapa tips membina persahabatan bagi kau yang muda, namun lagi-lagi tak mengubah kata dasar "SAHABAT" bagi Anda yang berpengalaman atau sarat akan asam asin dunia ini dalam menjalin persahabatan.

Kerap kali persahabatan sulit didapat mungkin bagi yang muda sebab tingkat keegoisannya masih labil, bagaimana dengan yang sudah syarat pengalaman alias bau tanah matang dalam pergaulan? mungkin budaya penyebabnya, ada yang menyebutnya jaman bodoh namun sebaliknya ada pula yang mempertahankan jaman modernnya. Efek ini sangat luas sekali, bagaimana definisi sebenarnya? kembali lagi pada diri kita masing-masing sadar atau tidak disadari bahwa kita sesungguhnya mempunyai kadar egois yang berfariatif. Mari menjalin persahabatan..!!

1. Pikirkanlah apa yang sanggup kau berikan kepada sahabatmu bukan apa yang

dapat kau peroleh dari persahabatan.


Jangan akrab hanya demi memperoleh kesenangan, sebab bila demikian, kau bukanlah sahabat sejati. Hargailah sahabatmu ibarat kau ingin dihargai


2. Dukunglah sahabatmu. 


Sahabat sejati selalu saling menyemangati dan 'mendorong' supaya mereka bahu-membahu sanggup menjadi yang terbaik bukannya saling menjatuhkan. Ia turut berbahagia ketika sahabatnya berhasil mencapai apa yang diinginkannya dan tidak merasa tersaingi.

3. Bersedia untuk memaafkan.


Jangan biarkan 'luka' bermetamorfosis kepahitan sebab hal ini akan menghancurkan persahabatan yang ada. Maafkan kesalahan yang diperbuat oleh sahabatmu dan jangan biarkan luka itu merusak hubunganmu.

4. Jangan memandang kesalahan yang dibuatnya.


Ini yaitu suatu cara untuk mengatakan betapa kita peduli terhadap dia. Jangan tinggalkan sahabatmu
saat beliau berbuat kesalahan. Bersabarlah dan tuntunlah beliau untuk berubah. Sadarilah bahwa tidak ada orang yang sempurna.

5. Jadilah sahabat yang sanggup dipercaya dan tepatilah janji. 


Berusahalah untuk selalu pegang komitmen dan sanggup saling percaya. Selalu bersikap jujur dan saling menolong satu sama lain.

6. Jangan mencoba untuk mengontrol sahabatmu. 


Bersahabat bukan berarti harus selalu bersama-sama. Memang akan sangat menyenangkan bila dapat
selalu bersama dengan orang yang kita kasihi. Namun ingat, sahabat kita itu bukan monopoli kita sendiri sebab ia juga mempunyai sahabat lain selain kita. Untuk itu jangan merasa dikhianati ketika temanmu bergaul dengan yang lain, sebaliknya usahakan kau juga sanggup berteman dengan mereka. Hal ini akan menciptakan kita dan sahabat kita lebih menghargai satu sama lain.

7. Selalu ada disaat senang maupun susah. 


Bergembiralah bersama mereka ketika mereka sedang bergembira namun jangan ada hanya pada ketika senang saja. Ketika sahabatmu sedang kesal akan sesuatu, berikan mereka perhatian. Yang paling diperlukan dari seorang sahabat yaitu sepasang pendengaran yang simpatik dan yang mau memahami perasaan mereka.

8. Menerima apa adanya sahabatmu.


Jangan menuntut sahabat kita untuk bereaksi dengan cara yang sama ibarat yang biasa kita lakukan. Hargailah beliau apa adanya termasuk juga keputusan yang beliau ambil yang mungkin tidak sesuai dengan kehendak kita.

9. Jangan jadi 'Ember' (mulut bocor). 


Belajarlah untuk menjaga rahasia  sahabatmu. Hormatilah kepercayaan yang sudah kalian bangkit dan pertahankanlah perilaku saling terbuka.

10. Jangan biarkan perbedaan pendapat menghancurkan persahabatanmu.

 
Misalkan kau sedang berdiskusi dengan sahabatmu dan waktu kau mengemukakan pendapat yang berdasarkan kau benar ternyata ia tidak setuju. Bila itu terjadi, jangan terus berdebat yang hanya akan menciptakan kau dongkol. Lepaskan hasrat untuk menang sendiri daripada persahabatan mu
rusak karenanya.

Ingat sadar atau tidak disadari kita mempunyai kadar egois yang berfariatif, diakui atau tidak diakui. kadar itu ada pada setiap kita, namun mari jangan terfokus pada seberapa jago kadar itu. Tapi, "Mari kita menjalin persahabatan..!!" :)


Salam kompak selalu,

Thebluesmas

0 Response to "10 Tips Membina Persahabatan Yang Sejati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel