Swipe up untuk membaca artikel

Kumpulan Istilah Dalam Kuliner Barat (Western)

 - Dalam dunia masakan pastinya terdapat istilah dalam masakan, biasanya istilah dalam bahasa barat kita sering mendengar dari seorang teman, chef, program masakan yang ada di tv atau dalam goresan pena resep masakan . Misalnya ada istilah Al Dente, Blanch, Sauted dan yang lainya. Mungkin kita paham apa yang dimaksud tetapi kita tidak tahu arti yang sebenarnya.

Dalam dunia masakan istilah-istilah ini sangat penting apalagi bagi seoarang chef atau juru masak semoga tidak terjadi salah paham dan kekeliruan dalam proses memasak dan mendapatkan pesanan. Ada banyak istilah yang sering dipakai khusunya dalam masakan Western atau masakan barat. Dan berikut kami berikan istilah yang sering dipakai dalam dunia Culinarry
Istilah Dalam Masakan Western

Aceto Balsamic
Vinegar yang tebuat dari konsentrat wine dan disimpan selama 10 thn atau lebih. Dibuat di Modena, Italia. Biasanya untuk adonan masakan atau marinade.
Acidulate
Penambahan cuka/ vinegar/ lemon pada sayuran yang diolah untuk mencegah perubahan warna.
Agrodolce
Dressing yang dicampur vinegar, gula, bawang bombay dan bawang putih untuk sajian ikan, unggas dan sayuran.
Aïoli
Mayonaise rasa bawang putih khas Perancis Selatan yang biasa disajikan dengan ikan.
à la Maître d'hotel
Sajian berupa ikan atau daging yang atasnya diberi irisan berupa adonan mentega,
cincangan parsley dan sedikit perasan lemon dibuat rol kemudian didinginkan.
à la Tartare
cincangan daging sirloin dicampur kuning telur, lemon, acar, minyak zaitun dan bumbu lain. Biasa juga disebut hamburger mentah.
Al Dente
Titik pematangan tepat dimana pasta ato nasi menjadi lembut tapi tidak lembek.
All'Inglese
Dalam bahasa Italia artinya "English style" bahwasanya bukan dalam bentuk kebanggaan alasannya ialah orang Inggris yang cenderung simple dalam memasak dengan bumbu yg sangat sederhana, mis.rebusan sayuran yg diberi sedikit mentega atasnya atau lada saja.
Amaretti
Biskuit dengan rasa almond atau aprikot yg biasa disajikan bersama creamy dessert.
Arrabbiata
Yang artinya 'panas'. Metode tumisan memakai banyak bumbu pedas dengan cuilan daging.
Arrowroot
Bubuk putih yang seolah-olah tapioka tapi karenanya bening, gunanya untuk mengentalkan masakan. Pohon termasuk jenis talas.
Aspic
Bahasa Perancis yang artinya daging, ikan atau sayuran dengan gelatin dan disajikan pada piring stainless atau tembaga sebagai karakter dekorasi.
Assiette
Istilah Perancis untuk sajian berupa adonan beberapa jenis masakan daging yang disajikan dingin.
Au Gratin
Adalah cara pengolahan materi yang ditaburi parutan keju atau atasnya dituang saus bechamel yang kemudian diberi beberapa cuilan mentega dan ditaburi tepung roti kemudian dipanggang di dalam panggangan hingga kuning keemasan.
Bard
Pemanggangan dengan cara bab luar ayam atau materi lain dilapisi dengan bacon/pancetta/ lemak/ham selain sebagai pemberi aroma juga untuk mencegah kekeringan/hangus sebelum bab dalam materi matang sempurna. Biasanya lapisan akan dilepas sesudah 3/4 jalan semoga kulit menjadi kuning keemasan.
Blanch
Proses mencelupkan sayuran atau buah ke air mendidih tanpa proses pematangan,gunanya untuk melembutkan atau memudahkan pengelupasan kulit pada buah mis.tomat tanpa melarutkan vitamin yang terdapat pada sayuran.
Blend
Mencampur materi dengan memakai tangan atau dengan mikser hingga kental dan benar benar tercampur rata.
Bouquet Garni
Campuran beberapa rempah yang diikat jadi satu contohnya pada pembuatan kaldu, sup atau masakan lain sehingga gampang dikeluarkan.
Braise
Memasak dengan api kecil dan usang pada panci tertutup. biasanya untuk daging, ayam atau jenis burung.
Cacciatore
Yang artinya "Cara Pemburu/ koboi" yaitu metode memasak ayam atau kelinci dikombinasikan dengan jamur, bawang bombay, anggur putih dan rempah lain.
Canapés
Potongan roti bakar/goreng yang atasnya diberi olesan macam macam mis. mentega beraroma, keju, caviar, smoked salmon, telur dan yang lainya.
Double boiler/ Bain Marie/waterbath
Metode pemasakan dengan memakai wadah diatas panci berisi air yang hampir mendidih. Digunakan untuk menghaluskan tekstur saus, melelehkan coklat dan juga memanaskan/ memanaskan kembali tanpa merubah rasa dan kepekatan.
Flambé
Salah satu metode masak dengan menuangkan alkohol pada masakan untuk mengkremasi alkohol sehingga yg tersisa ialah aromanya.
Garnish
Mendekorasi sajian sehingga terlihat lebih menarik.
Heap
Cara klasik sebelum menciptakan adonan tepung menjadi adonan. Dimana tepung dilubangi bab tengahnya gres kemudian menuang telur dan materi lainnya.
Julienne
Teknik yg dipakai untuk adonan sayuran yg dipotong seukuran korek api dicampur minyak, air lemon atau mayones. Biasanya untuk sajian salad mentah.
Marinate
Merendam materi (daging, ikan atau ayam) dengan bumbu/rempah selama beberapa dikala sebagai penambah rasa dan sekaligus melembutkan daging.
Paella
ialah masakan nasi ala Spanyol yang terdiri dari beras, ayam, kerang, sayuran, bumbu dapur dan saffron yang dimasak diwajan datar.
Parfait
Dalam bahasa Perancis artinya "sempurna". Untuk mendeskripsikan kelembutan busa yang tercipta dari dessert/ masakan pencuci verbal yang terbuat dari krim, telur dan aroma vanili/lainnya.
pâté
Adalah adonan cincangan daging yang dihaluskan dan dicampur mentega, hati ayam yang kemudian di dinginkan di kulkas hingga menjadi padat.
Pilaf
Beras berbulir panjang yang di masak dengan air atau kaldu kemudian dioven hingga kering.
Poach
Cara merebus telur dengan menuang isi telur kedalam air mendidih, sanggup juga ikan atau daging.
Pot-Au- Feu
Campuran daging rebus dengan biji-bjian yan dimasak dalam satu panci.
Purée
Cara menghaluskan materi solid/keras dengan memakai alat sehingga menjadi lembut.
Saute
Cara memasak daging, ikan atau sayuran di wajan dengan memakai minyak atau margarine hingga kecoklatan atau matang.
Singe
Membakar dengan cepat ayam, jenis burung atau yang lainnya untuk menghilangkan bulu halus.
Stew
Memasak daging atau ikan dengan api kecil dan sedikit air dalam panci tertutup.
Supplì
Kroket nasi yang diisi daging cincang atau keju mozarella.
Vinaigrette
Klasik salad dressing yang hanya memakai minyak zaitun, vinegar dan garam.

Itulah beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia masakan yang telah kami ururtkan secara abjad. Sebenarnya masih ada banyak yang lainya tetapi yang paling sering dipakai ialah istilah diatas. Semoga kita jadi lebih tahu istilah dalam dunia Cullinary.
Semoga Bermanfaat ...

Artikel Masakan