Swipe up untuk membaca artikel

Resep Cilor Cilok Telur Gulung Saus Sambal Jajanan Pasar Dan Anak Sekolah

Jajanan pasar kaki lima dan jajanan anak sekolah terbaru kali ini ialah resep cilok telur gulung yang disebut juga cilor gulung (aci telor gulung) beserta cara menciptakan saos sambal sebagai cocolannya. Saat ini, telur gulung yang terkenal sebagai jajanan anak SD, menjadi salah satu ekspresi dominan jajanan kekinian yang unik dan murah meriah dengan bermacam variasinya, menyerupai bihun telur gulung, telur gulung sosis, mie telur gulung dan lain sebagainya.
Jajanan pasar kaki lima dan jajanan anak sekolah terbaru kali ini ialah resep cilok telur Resep Cilor Cilok Telur Gulung Saus Sambal Jajanan Pasar dan Anak Sekolah
Berbeda dengan cilor tusuk atau cilok goreng telur yang telah dibagikan sebelumnya, dimana sate cilok hanya dicelup dalam kocokan telur kemudian digoreng, maka cara menciptakan telur gulung cilok justru digoreng dengan campuran telur gulung sehingga cilok benar-benar terbalut telur.

Tak berbeda dengan telur gulung, potongan tersulitnya ialah pada teknik menggulung yang membutuhkan sedikit latihan (butuh kecepatan dan ketepatan,hehe), maksudnya akan menjadi gampang kalau sudah terbiasa. Karena untuk campuran kocokan telur, asalkan cukup encernya dan benar benar tercampur rata, atau dengan kata lain kalau campuran telur eksklusif buyar sehabis dituangkan dalam minyak panas berarti tidak ada yang salah dengan adonannya.

Untuk pentol cilok, menyerupai yang sering dibahas pada artikel yang lalu-lalu, maksimal perbandingan tepung aci(tapioka/kanji) ialah 1:1, namun boleh memperbanyak perbandingan tepung aci kalau ingin menambah kekenyalannya, tapi jangan memperbanyak terigu semoga cilok tidak menjadi terlalu padat atau keras.

Bahan pentol cilok :

  • 50 gram tepung aci/tapioka/kanji
  • 50 gram tepung terigu
  • 1 siung bawang putih (ukuran kecil), haluskan
  • 1/2 sdt garam, 1/4 sdt lada, dan 1/2 sdt kaldu debu atau penyedap sesuai selera
  • 1/2 batang daun bawang, iris tipis
  • 125 ml air

Bahan saus sambal :

  • 2 buah cabai merah besar (bisa tambahkan cabai rawit atau debu cabai untuk saus yang pedas)
  • 2 sdm saus tomat 
  • 3 sdm saus sambal
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt garam, 1 sdt gula pasir dan 1/2 sdt penyedap
  • Secukupnya air kurang lebih 350 ml
  • 1 sdm tepung tapioka atau maizena larutkan dengan sedikit air

Bahan telur gulung :

  • 3 butir telur ayam + 100 ml air
  • garam dan kaldu debu secukupnya
  • bisa tambahkan sekitar 1 sdt tepung tapioka kalau ingin mengurangi resiko gagal

Cara Membuat Pentol Cilok Mini :

  1. Siapkan wadah, kemudian campurkan tepung aci dan terigu, bawang putih halus, garam, lada, kaldu debu dan irisan daun bawang, aduk rata.
  2. Masak 125 ml air hingga benar mendidih, eksklusif segera tuangkan dalam campuran kemudian aduk rata memakai sendok. Setelah panasnya mendingan, selanjutnya uleni dengan memakai tangan hingga campuran kalis dan sanggup dibentuk. Pulung adonan, kemudian bentuk menjadi bulat-bulat kecil.
  3. Didihkan air secukupnya dalam panci, rebus bulatan cilok hingga mengapung dan matang, angkat dan tiriskan. Berikutnya tata pada bacokan sate masing-masing 5 buah, sisihkan.

Cara Membuat Saus Sambal :

  1. Cabe merah besar (bisa tambahkan cabai rawit) direbus dengan air secukupnya atau goreng dalam minyak panas hingga layu, tujuannya untuk menghilangkan langu atau anyir cabai mentah sebab saus hanya dimasak hanya sebentar saja.
  2. Haluskan cabai dan bawang putih beserta garam, kemudian campurkan bersama bahan-bahan lainnya dalam wajan atau panci, termasuk air kecuali tepung aci. Kaprikornus sanggup sesuaikan dosis air dengan keenceran saos yang diinginkan, aduk rata kemudian nyalakan api (cicipi untuk menyesuaikan rasa).
  3. Setelah mendidih, masukkan larutan tepung aci serta aduk-aduk hingga mengental kemudian matikan api.

Cara Membuat Cilor Gulung :

  1. Kocok telur, garam, kaldu debu dan air hingga benar-benar tercampur merata, sanggup memakai whisk atau dikocok dalam botol.
  2. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan cekung, gunakan api sedang cenderung kecil semoga telur tidak cepat kering dikala dituangkan.
  3. Setelah panas, celupkan sate cilok dalam minyak panas hingga muncul gelembung-gelembung, kemudian tuang 1 centong kocokan telur dari ketinggian semoga buyar (lihat video di atas). Segera gulung selagi telur masih basah, lakukan dengan cepat sambil terus memutar mengumpulkan telurnya, sebab kalau terlambat telur keburu garing dan sulit bahkan tidak sanggup digulung.
  4. Setelah terkumpul, tempelkan ke pinggiran wajan sambil diputar untuk memadatkannya. Cilor gulung atau telur gulung cilok siap disajikan dengan celupan saos sambalnya.
ANEKA JAJANAN