Swipe up untuk membaca artikel

Cara Menciptakan Cilung Papeda Telur Gulung, Cilung Telur, Telur Puyuh & Tanpa Telur

Resep cilung (aci digulung) yang terkadang juga disebut papeda telur gulung ini termasuk salah satu yang favorit dari aneka jajanan anak sekolah. Cilung Bandung ini banyak dijual kakak abang di sekitaran SD, materi dasarnya terbuat dari adonan utama tepung aci (tapioka atau kanji), sanggup dibikin dengan adonan telur (cilung telur), maupun dengan adonan telur dimana telurnya terpisah yang digunakan ketika ada seruan pembeli, mau telur ayam atau telur puyuh.
 yang terkadang juga disebut papeda telur gulung ini termasuk salah satu yang favorit dari Cara Membuat Cilung Papeda Telur Gulung, Cilung Telur, Telur Puyuh & Tanpa Telur
Saat dimasak cilung diberi kombinasi aneka bumbu tabur sesuai selera rasa, boncabe untuk rasa pedas, atau ditambahkan saus cabai atau sambal, bahkan mayones. Selain itu terkadang juga ditambahkan lagi abon atau serundeng sebagai taburan luarnya yang membuatnya semakin spesial.

Terdapat beberapa variasi cara menciptakan cilung yang sering ditawarkan pedagang, ibarat original tanpa telur, pakai telur puyuh, pakai kocokan telur, dan cilung jumbo dengan 1 butir telur ayam. Untuk mempermudah praktek di rumah, berikut ini kita siapkan bahan-bahan dengan dosis sedikit dahulu ialah 150 gram tepung aci.
Bahan-bahan :

  • 150 gram tepung aci/tapioka/kanji
  • 1 sdm tepung beras (agar teksturnya tidak terlalu lembek, boleh juga jika tidak pakai)
  • 1 sdt garam dan 1 sdt kaldu bubuk(penyedap rasa) atau sesuai selera, serta sanggup tambahkan sejumput merica/lada
  • 300 ml air
  • Telur ayam dan telur puyuh seperlunya
  • Bumbu tabur dengan rasa yang diinginkan, boncabe, saus cabe, mayones atau berdasarkan selera

Cara menciptakan cilung :

  1. Campurkan tepung aci dan tepung beras, garam, kaldu bubuk, serta merica. Selanjutnya tuangkan air, aduk sampai adonan merata.
  2. Panaskan wajan dengan api relatif kecil, olesi tipis dengan margarin/mentega atau minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan kemudian ratakan (putar wajan jika ada gagang/pegangannya).
  3. Sambil menunggu matang, beri bumbu tabur, saus cabe, mayones, kemudian gulung memakai lidi atau tusuk sate, cilung oroginal sudah siap disantap hangat.
  4. Sedangkan untuk menciptakan cilung telur ayam dan telur puyuh, panaskan wajan dan olesi dengan margarin, kemudian sanggup diceplokkan telur pribadi ke dalam wajan atau sanggup dikocok dahulu dengan pelengkap sedikit garam atau kaldu bubuk.
  5. Setelah menceplokkan telur atau menuangkan kocokan telur ke dalam wajan kemudian ratakan, selanjutnya taburi bumbu dan saus serta gulung dengan tusuk sate sesudah cilung matang.
ANEKA JAJANAN