Swipe up untuk membaca artikel

Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Anggun Gula Merah

Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah - Kue kacang tanah cantik karamel baik dari gula pasir, gula merah maupun perpaduannya ini kerap disebut juga teng teng dan ting ting maupun jipang kacang. Mirip dengan ampyang yang berbentuk bulat dengan kacang tanah utuh, yang juga termasuk aneka jajanan warung favorit erat sekolah dulu.
Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah
Rasa gurih kacang dan cantik karamel dapat menjadi cemilan yang yummy dan renyah. Selain kacang, enting-enting, teng-teng atau ting-ting ini juga banyak varian rasa lainnya, ibarat jahe, wijen sampai enting gepuk buah tangan khas Salatiga.

Resep Membuat Enting Enting Kacang :

Bahan yang dipakai sangat sederhana serta proses membuatnya juga sangat mudah, biarkan campuran yang sudah dicetak dalam loyang semoga benar-benar cuek sehingga mengeras sempurna.

Bahan-bahan :
250 gram kacang tanah, kupas
125 gram gula merah, sisir
50 gram gula pasir
1/2 sdt (1 sachet) vanili bubuk
1/4 sdt garam
5-10 sdm air atau secukupnya

Cara Membuat Enting Enting Kacang :

1. Goreng kacang tanah tanpa minyak dalam wajan (sangrai) sampai harum dan matang. Setelah dingin, tumbuk-tumbuk bergairah memakai ulekan.

2. Siapkan wajan, masukkan gula merah, gula pasir, vanili dan garam, kemudian nyalakan api kecil. Setelah semua meleleh, aduk rata kemudian masukkan 5 sdm air dan aduk rata kembali.
Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah
3. Masukkan kacang tanah yang sudah ditumbuk, aduk-aduk sampai benar-benar rata (tambahkan 5 sdm air atau secukupnya semoga gampang diaduk dan tidak menggumpal).
Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah
4. Tuang dalam loyang yang sudah dialasi plastik, tekan-tekan sambil diratakan dengan spatula kemudian biarkan sampai dingin.

5. Setelah cuek dan campuran sudah kering dan benar-benar mengeras, keluarkan dari loyang dengan menarik kedua ujung plastik. Pindahkan di atas daerah atau wadah datar serta balikkan sehingga posisi plastik menjadi di bab atas, kemudian lepaskan plastiknya.

6. Iris-iris memakai pisau sesuai dengan bentuk yang diinginkan, enting-enting kacang sudah siap untuk disajikan.
ANEKA JAJANAN