Swipe up untuk membaca artikel

Resep Bolu Kukus Gula Merah Empuk Mekar Tanpa Santan

Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah Resep Bolu Kukus Gula Merah Empuk Mekar Tanpa Santan
Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah - Kue berteksut empuk dan sangat lembut ini yaitu jenis camilan anggun bolu yang merupakan salah satu aneka jajanan tradisional, sering dijumpai di pasar, toko camilan anggun maupun yang jualan titip di warung.

Bolu kukus gula merah termasuk varian gabungan dengan rasa yang disukai, cara menciptakan bolu kukus gula merah mekar yang sederhana tanpa santan serta anti gagal (semuanya mekar) akan gampang kita terapkan di rumahan, baik untuk sajian program arisan, hajatan ataupun cemilan lezat untuk keluarga, bahkan dapat untuk dijual.

Dibalik tekstur yang empuk nan lembut serta cita rasanya yang lezat dan manis, tampilan bolu kukus mekar merekah yang mengembang tepat semakin mempunyai daya tariknya, sehingga sering disebut juga bolu kukus ngakak atau ketawa. Di bawah ini dibagikan dosis resep gabungan untuk cara menciptakan 30 buah bolu kukus gula merah mekar.

RESEP BOLU KUKUS GULA MERAH (30 PCS)

  • 500 gram tepung terigu (protein sedang/segitiga biru)
  • 500 gram gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 1 sdt soda kue
  • 1 sdt baking powder
  • 400 ml air
  • 100 ml minyak goreng
Resep Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah Resep Bolu Kukus Gula Merah Empuk Mekar Tanpa Santan

CARA MEMBUAT BOLU KUKUS GULA MERAH

  1. Didihkan air bersama gula merah dan gula pasir hingga gula larut, angkat dan saring kemudian biarkan cuek terlebih dahulu. Sementara itu, campur dan aduk rata tepung terigu, soda camilan anggun dan baking powder.
  2. Kocok kuning telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang dan warnanya pucat. Masukkan cairan gula merah tadi bergantian dengan gabungan terigu, aduk rata dengan kecepatan sedang. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk hingga rata kemudian matikan mixer.
  3. Tuang gabungan dalam cetakan bolu kukus berlobang yang dialasi kertas camilan anggun hingga hampir penuh (lihat gambar). Panaskan juga kukusan hingga benar-benar panas, serta alasi tutup pengukus dengan kain serbet semoga dikala mengukus tidak ada air yang menetes dan merusak kue.
  4. Tata cetakan dalam kukusan (yang belum kebagian dapat ngantri menunggu giliran demi giliran berikutnya), kemudian kukus selama 25 menit di atas api sedang. Angkat dan keluarkan dari cetakan kemudian siap untuk disajikan.
ANEKA KUE