Swipe up untuk membaca artikel

Resep Bubur Sumsum Yummy Lembut

Cara Membuat Bubur Sumsum Resep Enak Lembut RESEP BUBUR SUMSUM ENAK LEMBUT
Resep Bubur Sumsum - Enak dan bertekstur lembut merupakan ciri khas bubur sumsum putih yang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa ini. Penyajiannya dengan siraman kuah gula merah menciptakan bubur yang gurih bercampur cita rasa yang anggun legit biasa menjadi hidangan favorit keluarga di rumah.

Walaupun berbahan sederhana, cara menciptakan bubur sumsum yang yummy dan lembut serta tidak menggumpal memang tak semudah dibayangkan. Karena selain dosis resep yang tepat juga terdapat beberapa tips dan triks sederhana biar berhasil dan sukses dalam proses membuatnya. Dari melarutkan tepung dengan sebagian santan, penggunaan api kecil, sampai proses pengadukan yang harus dilakukan secara terus menerus (lebih jelasnya lihat pada tahap-tahap cara menciptakan bubur sumsum di bawah).

Menu dessert tradisional ini tak jarang pula menjadi pilihan untuk sarapan, serta sering dibentuk dengan kombinasi atau disajikan dengan variasi materi lainnya, menyerupai jagung manis, candil, sagu mutiara, es pisang ijo atau yang lainnya. Selain itu, alasannya ialah teksturnya yang Istimewa lembut juga sering menjadi sajian untuk makanan bayi dengan susu sebagai campurannya.
Cara Membuat Bubur Sumsum Resep Enak Lembut RESEP BUBUR SUMSUM ENAK LEMBUT
Persiapan Bahan Adonan Bubur Sumsum
  • 200 gram tepung beras
  • 1200 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sdt garam
Bahan saus gula merah
  • 250 gram gula merah disisir
  • 200 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • 3 cm kayu manis
  • 2 buah mata nangka matang dipotong-potong sesuai selera (optional)
Cara Membuat Bubur Sumsum
  1. Santan dibagi dahulu menjadi dua bab atau masing-masing 600 ml santan. Satu bab santan dicampurkan dengan tepung beras dan garam, aduk benar-benar rata sampai tidak ada yang menggumpal.
  2. Sedangkan satu bab santan didihkan bersama daun pandan sambil terus diaduk-aduk. Setelah mendidih, masukkan perlahan adonan tepung beras dan santan yang pertama tadi sambil terus diaduk-aduk dan masak sampai kental dan meletup-letup.
  3. Adonan harus terus diaduk ketika dimasak supaya akibatnya lembut dan tidak ada yang menggumpal (aduk benar-benar rata, lebih gampang memakai spatula kayu), waktunya memang cukup usang atau sampai adonan tidak lagi berbau tepung. Tips selanjutnya ialah memakai api kecil biar tidak cepat gosong dan akibatnya sanggup matang merata dan sempurna.
  4. Untuk kuah gula merah, masak air bersama, gula merah, daun pandan, dan kayu manis. Aduk rata kemudian masak sampai mendidih dan gula larut, matikan api kemudian tambahkan potongan nangka matang. Tuang bubur sumsum dalam mangkuk atau piring saji, sirami dengan kuah saus gula merah kemudian siap untuk disajikan.
ANEKA BUBUR KOLAK resep