Swipe up untuk membaca artikel

Resep Cilor Kotak Makaroni Lezat Jajanan Pedas

Cara Membuat Cilor Makroni Resep Jajanan Pedas RESEP CILOR Kotak MAKARONI ENAK JAJANAN PEDAS
Resep Cilor Makaroni Enak Pedas. Aneka jajanan berbahan tepung aci memang akhir-akhir ini semakin populer. Apabila sebelumnya kita sudah sangat mengenal cilok (aci dicolok), cireng (aci digoreng), cimol (aci digemol), cilung (aci digulung), maka selanjutnya kita akan menyebarkan cara menciptakan cilor kotak (aci telor berbentuk dadu) yang juga sudah cukup dikenal di kawasan Jakarta dan Bandung.

Variasi cilor juga katanya bermacam-macam, dapat digoreng, dipanggang, atau ditumis, baik dengan cetakan ataupun dengan memakai wajan untuk menciptakan sendiri di rumah. Cilor makaroni yakni salah satu varian jajanan sekolah yang sedang ramai diperbincangkan oleh ibu-ibu sepulang dari menjemput anak dari sekolah alasannya yakni rasanya enak, sensasi kenyal-kenyal dan pedas, bahkan dapat ditabur dengan bumbu aneka rasa lainnya.

Bahan dan Bumbu Membuat Cilor Makaroni
Tepung aci merupakan sebutan lainnya dari tepung tapioka atau tepung kanji. Untuk menghasilkan gabungan aci yang kenyalnya pas maka dicampurkan dengan tepung terigu, dapat dengan perbandingan yang sama atau sesuai selera asalkan komposisi terigu tidak melebihi dosis tepung aci semoga tidak keras.
  • 75 gram tepung aci
  • 75 gram tepung terigu
  • 70 gram makaroni direbus sampai empuk
  • 3 butir telur dikocok lepas, beri 1/2 sdt garam dan 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 4 siung bawang putih dihaluskan
  • 1 batang daun bawang diiris tipis
  • 80 ml air mendidih untuk adonan
  • secukupnya air untuk merebus dan merendam adonan
  • cabe bubuk atau bumbu tabur pedas atau aneka rasa lainnya
  • minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Cilor Makroni Resep Jajanan Pedas RESEP CILOR Kotak MAKARONI ENAK JAJANAN PEDAS
Cara Membuat Cilor Makaroni Enak Pedas
  1. Siapkan wadah, masukkan tepung aci, tepung terigu, bawang putih, irisan daun bawang, garam, dan gula pasir kemudian aduk rata. Tuang 80 ml air mendidih bertahap sambil diaduk rata memakai sendok kayu atau sendok tahan panas. Setelah hangat, uleni gabungan dengan tangan sampai rata dan kalis kemudian ambil sedikit-sedikit gabungan serta gulung-gulung memanjang sampai gabungan habis.
  2. Didihkan air secukupnya kemudian rebus gabungan tadi sampai mengapung, angkat dan masukkan (rendam) dalam sebuah wadah yang berisi air hambar secukupnya.
  3. Setelah dingin, angkat dan tiriskan kemudian potong-potong gabungan berukuran sekitar 1 cm. Letakkan potongan-potongan gabungan dalam sebuah mangkuk atau piring, tambahkan 2 sdm minyak sayur kemudian aduk-aduk semoga tidak saling menempel.
  4. Panaskan cetakan dan beri sedikit minyak sekitar 1/2 sdt pada tiap-tiap lobang cetakan. Setelah panas, ambil 1 sdm penggalan gabungan aci serta 1 sdm makaroni, selanjutnya sirami dengan 2 sdm kocokan telur.
  5. Masak sampai hampir matang kemudian taburi dengan bumbu tabur atau cabai bubuk sambil diaduk-aduk atau orak-arik semoga matang merata. Angkat dan siap untuk disajikan, dapat tambahkan bumbu tabur lagi atau saus sambal.
ANEKA JAJANAN