Swipe up untuk membaca artikel

Resep Camilan Elok Pancong Terigu Dan Tepung Beras

Cara Membuat Kue Pancong Terigu Resep dan Tepung Beras RESEP KUE PANCONG TERIGU DAN TEPUNG BERAS
Resep Cara Membuat Kue Pancong - Kue berair yang gurih pakai tepung beras dan lembut dengan tepung terigu. Kue berair tradisional ini umumya berbentuk menyerupai dengan masakan ringan bagus pukis alasannya yaitu dimasak melalui cetakan yang sama tetapi berbeda tekstur dan cita rasa. Kue pancong sangat terkenal sebagai jajanan masakan khas Betawi, bahkan kini kreasi dan penyajiannya sudah sangat lebih kreatif dan inovatif.

Umumnya gabungan masakan ringan bagus pancong tidak menggunakan gula, sedangkan materi gabungan dasar dapat menggunakan tepung terigu ataupun tepung beras yang dikombinasikan dengan kelapa parut dan santan sehingga terasa sangat enak, sedikit asin dan gurih.

Secara sederhana masakan ringan bagus pancong sering ditemui dengan disajikan bersama taburan gula pasir untuk perpaduan cita rasa bagus atau yummy juga dengan cocolan saus baik tomat maupun saus sambal untuk perpaduan cita rasa pedas. Tidak hanya itu, topping aneka rasa menyerupai keju, coklat meises atau aneka topping lainnya juga cocok untuk memperkaya cita rasanya.

RESEP KUE PANCONG TERIGU

Untuk membuatnya sendiri sebagai variasi sajian cemilan sederhana keluarga di rumah, berikut yaitu pilihan cara menciptakan masakan ringan bagus pancong enak, baik yang menggunakan tepung terigu atau dengan tepung beras.

Bahan-bahan :
  • 125 gram tepung terigu
  • 100 gram kelapa parut
  • 200 ml santan dari 400 gram kelapa parut, didihkan kemudian biarkan dingin
  • 1 butir telur dikocok lepas
  • 1 sdt ragi instan diaduk dengan 2 sdm air hangat
  • 1/2 sdt garam
Cara Membuat Kue Pancong Terigu
  1. Campurkan tepung terigu, kelapa parut, garam, telur, ragi dan aduk rata. Tuang santan kemudian aduk sampai rata dan biarkan selama 25 menit.
  2. Panaskan cetakan kemudian olesi dengan minyak, sesudah panas tuang gabungan dalam cetakan sampai penuh. Tutup cetakan kemudian masak dengan api kecil supaya tidak cepat gosong.
  3. Setelah matang, kulit bawah sudah terlihat kecoklatan kemudian angkat dan siap untuk disajikan dengan aneka toping sesuai selera. Takaran resep dapat menghasilkan 17 buah masakan ringan bagus pancong.

RESEP KUE PANCONG TEPUNG BERAS

Kue pancong dari tepung terigu memang mempunyai tekstur yang lebih lembut dan empuk, sedangkan dari materi tepung beras untuk rasa lebih gurih dan kali ini dibentuk dengan cara yang gampang dan lebih sederhana. Dari segi cita rasa keduanya sama-sama yummy dan tentunya pilihan sangat tergantung dengan selera.
Cara Membuat Kue Pancong Terigu Resep dan Tepung Beras RESEP KUE PANCONG TERIGU DAN TEPUNG BERAS
Bahan-bahan :
  • 125 gram tepung beras
  • 125 gram kelapa parut
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa, didihkan kemudian biarkan dingin
Cara Membuat Kue Pancong Beras
  1. Campur rata tepung beras, garam dan kelapa parut kemudian tuang santan bertahap sambil diaduk rata.
  2. Panaskan cetakan kemudian olesi dengan minyak, sesudah panas tuang gabungan sampai penuh ke dalam cetakan. Gunakan api kecil dan tutup cetakan sampai kulit bawah berwarna kecoklatan. Angkat sesudah matang dan siap untuk disajikan.
Setelah mencoba menciptakan masakan ringan bagus pancong di rumah, coba juga Resep Kue Pukis Enak dengan topping pisang sebagai variasi sajian hidangan keluarga lainnya.
ANEKA KUE BASAH