Swipe up untuk membaca artikel

Resep Kolak Biji Salak Candil Yummy Praktis

Cara Membuat Kolak Biji Salak Candil Resep Enak Mudah RESEP KOLAK BIJI SALAK CANDIL ENAK PRAKTIS
Resep Kolak Biji Salak - Atau kolak candil ini merupakan masakan khas nusantara yang mempunyai rasa bagus dan yummy serta kuah santan yang gurih. Menu ini termasuk ke dalam salah satu hidangan yang sangat terkenal pada bulan ramadhan sebagai sajian favorit ketika berbuka puasa.

Bentuk umumnya ialah bulat-bulat sebesar kelerang dengan tekstur yang kenyal dan empuk, walaupun kita juga dapat kreasikan dengan bentuk kotak atau yang lainnya. Selain disajikan dengan saus santan yang terpisah sehingga dosis santan dapat diubahsuaikan dengan selera ketika mau disantap, santan juga dapat disatukan ketika memasaknya supaya lebih mudah dan kuah menjadi lebih gurih.

Cara menciptakan kolak biji salak juga dapat bermacam materi yang biasa digunakan, salah satunya ialah dari penggunaan ubi jalar ungu, orange atau kuning. Dalam sehari-hari kolak berbahan ubi jalar ini juga dapat dihidangkan sebagai masakan alternatif, sajian hidangan epilog atau sajian hidangan lainnya ibarat sajian sarapan bahkan disaat kumpul-kumpul.

RESEP KOLAK BIJI SALAK
Kita dapat menciptakan kolak berkuah santan ini dengan cara gampang dan mudah dengan cita rasa kuah kolak biji salak yang enak, bagus dan gurih dengan mempersiapkan bahan-bahannya :
  • 500 gram ubi jalar kuning
  • 200 gram tepung tapioka
  • 1-2 lembar daun pandan disimpul
  • 250 gram gula merah disisir
  • 1 bungkus (65 ml) santan kara
  • 1 liter air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanili
CARA MEMBUAT KOLAK BIJI SALAK
  1. Bersihkan ubi kuning dari tanah atau kotoran kemudian rebus dengan air secukupnya sampai matang dan empuk. Kupas kulitnya, tumbuk ubi sampai halus kemudian campur rata dengan tepung. Uleni dengan tangan sampai rata serta campuran menjadi kalis dan gampang dibentuk.
  2. Ambil sedikit-sedikit campuran kemudian bentuk bulat-bulat sebesar kelerang, dapat juga kotak atau sesuaikan selera saja.
  3. Didihkan 1 liter air,  masukkan gula merah, garam, vanili dan daun pandan kemudian tunggu sampai mendidih dan gula larut. Masukkan adonan-adonan yang sudah dibuat tadi serta masak sampai mengapung, sesudah itu tuang santan kemudian aduk-aduk sampai matang. Matikan api, tuang dalam mangkuk saji dan siap untuk dihidangkan.
ANEKA BUBUR KOLAK resep