Swipe up untuk membaca artikel

Resep Bolu Kukus Mekar Lembut Tanpa Soda

Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda RESEP BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA
RESEP BOLU KUKUS MEKAR SEDERHANA TANPA SODA
Bolu kukus mekar merekah juga dikenal dengan bolu kukus 10 menit alasannya ialah lamanya waktu dikala mengukusnya. Variasi warna-warni pada tampilannya bahkan dengan perpaduan warna pelangi mengakibatkan makanan ringan cantik berair jajanan pasar tradisional ini lebih sedap dipandang. Bagi yang sudah terbiasa, cara menciptakan bolu kukus merupakan hal yang sangat mudah.

Bolkus akan mekar tepat dan bertekstrur lembut alasannya ialah mereka telah memahami diam-diam resep atau tips dan trik dalam proses pembuatannya. Berbeda halnya bagi kita yang pertama kali ingin mencoba membuatnya sendiri atau pemula, diharapkan gosip yang mendetil serta perlu membiasakan diri untuk mendapat bolu kukus yang mekar dan lembut alasannya ialah banyak faktor yang sanggup mempengaruhinya.

Untuk menciptakan bolu kukus yang mekar dengan baik biasanya memakai sprite atau air soda sehingga lebih gampang membuatnya, tetapi berikut ini dibagikan resep adonan makanan ringan cantik bolu kukus mekar tanpa soda juga yang gampang dan sederhana sehingga sanggup dijadikan dasar untuk kreasi dan variasi bolu kukus mekar lainnya.

Lihat juga : Resep Bolu Kukus Mekar Super Lembut dan Resep Bolu Kukus Mekar Gula Merah

Bahan menciptakan bolu kukus mekar tanpa soda :
  • 1 butir telur
  • 250 gram tepung terigu segitiga
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml susu cair
  • 1 sdt tbm emulsifier
  • pasta dengan aroma sesuai selera
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR TANPA SODA :
  1. Campurkan semua materi kemudian aduk adonan dengan mixer kecepatan rendah hingga adonan mulai tercampur. Selanjutnya naikkan kecepatan secara sedikit demi sedikit hingga kecepatan tinggi hingga adonan rata, mengembang dan kental atau sekitar 10 menit. Coba angkat mixer maka adonan akan berjejak atau jatuhnya sangat perlahan alasannya ialah kental.
  2. Pisahkan adonan menjadi beberapa potongan untuk diberi pewarna dan aduk rata. Sementara itu panaskan kukusan dengan air yang tidak terlalu banyak hingga benar-benar mendidih.
  3. Siapkan cetakan bolu kukus, saya gunakan yang berlubang dan lapisi dengan cup kertas yang sama tinggi dengan cetakan. Tuang adonan dengan kombinasi warna sesuai selera, hasil di atas dengan cara mengisi adonan tidak hingga penuh tetapi sanggup juga sejajar dengan cetakan untuk hasil yang lebih mekar.
  4. Masukkan cetakan ke dalam kukusan yang sudah panas dan beri jarak. Sesuaikan saja dengan kapasitas kukusan yang ada alasannya ialah tidak problem bila adonan yang lain dibiarkan menunggu giliran. Alasi tutupnya dengan kain atau serbet kemudian kukus di atas api besar selama 10 menit. Silahkan buka tutupnya bila 10 menit sudah berlalu dan lihat hasilnya, semoga berhasil dan sanggup menjadi 18 buah bolu kukus yang mekar.
Sebagai perbandingan, di bawah ini juga dibagikan cara menciptakan bolu kukus mekar sprite atau dengan air soda. Resep ini menciptakan tekstur bolu kukus menjadi semakin lembut dan empuk, sehingga sanggup juga menjadi alternatif atau variasi bolu kukus yang enak.
Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Tanpa Soda RESEP BOLU KUKUS MEKAR LEMBUT TANPA SODA
RESEP BOLU KUKUS MEKAR SPRITE
Bahan :
  • 140 gram tepung terigu
  • 110 ml sprite atau minuman bersoda
  • 100 gram gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1 sdt tbm (emulsifier)
  • 1/4 sdt vanili essens
  • pasta aroma sirsak , jeruk dan pandan
CARA MEMBUAT BOLU KUKUS MEKAR SPRITE :
  1. Campurkan gula pasir, telur dan tbm kemudian kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga kaku dan kental sekitar 10 menit.
  2. Masukkan gabungan terigu dan baking powder, ayak dahulu semoga tidak bergumpal. Masukkan vanili essens kemudian tuangkan sprite dan aduk perlahan. Kocok lagi dengan mixer sebentar saja hingga adonan tercampur rata.
  3. Ambil masing-masing 3 sendok makan adonan untuk pasta jeruk dan pandan sedangkan sisanya adonan putih dengan pasta sirsak, aduk rata.
  4. Tuang adonan putih ke dalam cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi cup kertas dan lanjutkan dengan sedikit adonan warna lainnya hingga penuh atau sejajar dengan cetakan.
  5. Kukus selama 10 menit dengan api besar, tutup kukusan dengan dialasi kain serbet semoga uap air tidak ada yang menetes ke kue. Buka tutup kukusan sehabis 10 menit, balasannya sanggup menjadi 8 pcs bolu kukus mekar.
ANEKA KUE