Swipe up untuk membaca artikel

Resep Bawang Goreng Renyah Tips Mudah Pakai Dan Tanpa Tepung

Cara menciptakan bawang goreng yang renyahnya tahan usang dapat kita lakukan sendiri dengan resep bawang goreng tepung maupun tanpa tepung, prosesnya benar-benar gampang dan sederhana melalui petunjuk tips mudah menggoreng bawang yang kriuk crispy di bawah ini.

Bawang goreng yang tetap renyah, gurih, garing dan kering atau tidak berminyak tentunya dapat diandalkan untuk disimpan sebagai persediaan di rumah sehingga dapat dipakai sewaktu dibutuhkan, dengan syarat disimpan dalam wadah tertutup supaya tidak melempem masuk angin. Selain itu, pemakaian bawang merah dengan kualitas yang anggun tentu saja lebih mempunyai nilai yang lebih tinggi untuk dijual.

Bawang goreng yang renyah crispy sering menjadi taburan untuk menghiasi kuliner nusantara sebagai pelezat cita rasa. Bawang merah, bawang putih atau kombinasinya yakni jenis bawang yang biasa digunakan. Nah bagi yang ingin menciptakan bawang merah goreng yang renyah sendiri di rumah, berikut ini yakni cara yang dapat anda praktekkan dengan gampang bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

1. Bawang Goreng Renyah Tanpa Tepung

Saya pribadi lebih menyukai bawang merah goreng tanpa tepung ini, renyah kriuk yang menawarkan sensasi cita rasa khas bawang goreng yang lebih berasa. Tentu ada tips dan trik cara menggoreng bawang supaya tidak hancur maupun gosong namum dapat matang merata ketika digoreng, perhatikan materi dan langkah-langkahnya berikut ini.
Cara menciptakan bawang goreng yang renyahnya tahan usang dapat kita lakukan sendiri dengan rese Resep Bawang Goreng Renyah Tips Mudah Pakai dan Tanpa Tepung

Bahan dan bumbu :

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Bawang Goreng Tanpa Tepung :

  1. Kupas kulit bawang merah dan basuh bersih, iris tipis secara manual dengan pisau dapur atau dengan alat pengiris bawang untuk ketebalan yang merata.
  2. Rendam irisan bawang ke dalam larutan garam yang dicampur dengan 200 ml air selama 20 menit. Tiriskan dan buang air rendamannya.
  3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan memakai api kecil saja supaya nanti bawangnya tidak cepat gosong dan dapat matang merata. Tester terlebih dahulu apabila dimasukkan seiris bawang akan eksklusif mengapung berarti tandanya sudah cukup panas.
  4. Masukkan semua irisan bawang, jangan dulu diaduk tapi diamkan hingga berubah warna, gres boleh aduk sesekali atau jangan terlalu sering diaduk supaya bawang tidak hancur alasannya teksturnya masih basah.
  5. Setelah bawang teksturnya sudah mulai mengeras, maka harus cukup sering diaduk supaya tidak gampang gosong dan matang merata hingga berwarna kekuningan (jangan tunggu hingga berwarna kecoklatan nanti kegosongan) kemudian matikan api. Setelah kompor dimatikan, tetap aduk terus hingga garing dan matang merata serta berwarna kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan bawang dari minyak, tiriskan hingga benar-benar kering atau dapat diletakkan ke dalam wadah yang dialasi dengan tisu supaya minyaknya benar-benar menyerap dan menjadi kering. Simpan dalam toples atau wadah kedap udara apabila sudah hambar supaya bawang goreng tetap renyah dan tidak melempem.
Bawang goreng orisinil oroginal atau tanpa adonan ini serta tanpa tepung, yuk tonton juga videonya.

2. Bawang Goreng Tepung Renyah Kriuk Crispy

Variasi bawang goreng yang renyah kriuk dan crispy yakni penggunaan lapisan tepung pada proses pembuatannya. Berikut resep dan cara menciptakan bawang goreng lapis tepung renyah yang gurih.
Cara menciptakan bawang goreng yang renyahnya tahan usang dapat kita lakukan sendiri dengan rese Resep Bawang Goreng Renyah Tips Mudah Pakai dan Tanpa Tepung

Persiapan Bahan dan bumbu :

  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 1 liter minyak goreng

Cara Membuat Bawang Goreng Tepung :

  1. Kupas kulit bawang dan basuh bersih, iris tipis kemudian taburi dengan garam. Aduk rata kemudian diamkan selama 15 menit. Taburi dengan tepung maizena, aduk rata dan diamkan lagi selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak di atas api kecil, goreng hingga matang merata dengan proses penggorengan sama dengan cara menciptakan bawang goreng tanpa tepung yang pertama di atas.
TIPS DAN INFO