Swipe up untuk membaca artikel

Cara Menciptakan Cimin Gaul Jajanan Bandung | Resep Cilor Kotak Aneka Rasa

Cimin merupakan salah satu Jajanan Bandung yang lagi hits. Cimin sering disebut cilok mini sebab materi dan cara menciptakan cimin gaul ini seolah-olah dengan cilok. Populer juga dengan cilor (aci telor) sebab materi utama terbuat dari tepung aci (tapioka/kanji), dipotong kotak kemudian dimasak pakai telur kemudian ditabur bon cabai atau bermacam pilihan rasa dari aneka bumbu tabur.
Cimin merupakan salah satu Jajanan Bandung yang lagi hits Cara Membuat Cimin Gaul Jajanan Bandung | Resep Cilor Kotak Aneka Rasa
Nah, ada juga yang menyebut cimin dengan cireng mini, mungkin sebab aci yang digoreng dengan telur, dapat pakai cetakan masakan ringan anggun cubit, martabak mini dan sebagainya atau hanya dengan wajan saja.

Berbeda dengan cilok, kelezatan cimin gaul Bandung sebab teksturnya yang lebih kenyal-kenyal empuk berpadu dengan aneka rasa pilihan dari bumbu tabur sampai kombinasinya. Jika bikin cimin untuk jualan, maka pilihlah kualitas bumbu tabur yang sempurna dan yang niscaya mempunyai rasa yang enak.

Bahan-bahan Cimin :

  • 100 gram tepung aci (tapioka/kanji) atau tepung sagu
  • 1 sendok (10-15 gram) tepung terigu
  • ½ sdt merica/lada bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 1 siung bawang putih (haluskan)
  • 70 ml air mendidih
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Aneka bumbu tabur dengan rasa sesuai selera

Cara Membuat Cimin :

  1. Campurkan dan aduk rata tepung tapioka dengan terigu, merica, garam, kaldu bubuk, dan bawang putih halus.
  2. Tuang air panas mendidih secukupnya (akan menghipnotis kekalisan adonan), selanjutnya aduk rata kemudian uleni dengan tangan sampai gabungan kalis.
  3. Agar gabungan tidak mengering, segera pipihkan gabungan (menggunakan roll atau botol) dengan ketebalan sekitar 1 cm atau sesuai selera. Berikutnya potong-potong berbentuk kotak atau dadu kecil.
  4. Setelah itu, masukkan penggalan gabungan tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sampai benar-benar matang, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan cetakan (bisa cetakan masakan ringan anggun cubit, martabak mini atau wajan saja), olesi dengan minyak goreng. Setelah panas, masukkan penggalan gabungan cimin.
  6. Kemudian tuang kocokan telur sesuai selera, serta balik biar matang merata kemudian angkat. Beri bumbu tabur dengan rasa yang disukai atau kombinasinya maupun cukup hanya dengan bon cabe. Aduk sampai cimin merata dengan bumbu kemudian cimin sudah siap untuk disantap.
Cimin Bandung umumnya mempunyai teksur yang kenyal-kenyal empuk, untuk itu materi dapat memakai full aci dengan hasil yang benar-benar kenyal empuk (tapi nanti gabungan jadi sangat lengket, ada juga tips yang memakai minyak goreng untuk mengatasi lengketnya). Atau dapat juga yang dipadukan dengan terigu, namun secukupnya saja biar gabungan tidak terlalu padat bahkan malah menjadi keras.
Tips dan cara sederhana menciptakan cimin atau cilor dapat kita saksikan pada video di atas. Cobalah sesuaikan dosis resep dahulu, sehabis berhasil dan cocok maka tinggal dilipatgandakan saja takarannya.
ANEKA JAJANAN