Swipe up untuk membaca artikel

Resep Es Gabus Pelangi Susu Tanpa Santan

Cara menciptakan jajanan terkenal untuk jualan anak sekolahan dari tempo dulu ini dapat mengikuti resep es gabus pelangi pakai susu dan tanpa santan, atau dapat juga susu diganti dengan santan, maupun kombinasinya. Proses pembuatannya sangat gampang dan simpel dengan memakai tepung hunkwe sebagai materi dasarnya.
Cara menciptakan jajanan terkenal untuk jualan anak sekolahan dari tempo dulu ini dapat mengikut Resep Es Gabus Pelangi Susu Tanpa Santan
Keunikan es gabus ini alasannya ialah mempunyai tekstur yang keras dan padat layaknya es, namun lembut ketika digigit bahkan paling lezat diemut, makanya terkenal dengan sebutan es gabus atau es busa. Tampilannya pun semakin menarik dengan memperlihatkan warna warni yang berbeda pada setiap lapisnya.

Berikut cara bikin es gabus yang lembut digigit serta lezat diemut beserta tips sederhana supaya warnanya dapat rapih di setiap lapisnya.

Resep es gabus :

  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 250 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 450 ml air
  • Pewarna atau pasta camilan anggun sesuai selera

Cara menciptakan es gabus :

  1. Campurkan air dengan susu, gula pasir, garam, aduk rata kemudian masukkan tepung hunkwe. Aduk campuran sampai benar-benar merata, selanjutnya bagi menjadi 3 bab campuran yang sama banyak untuk menciptakan 3 lapis es gabus.
  2. Beri pewarna atau pasta camilan anggun pada masing-masing campuran menurut warna yang diinginkan, aduk rata serta saring campuran bila perlu.
  3. Masak campuran untuk lapisan yang pertama sampai benar-benar mendidih (meletup-letup) dan campuran menjadi cukup kental namun masih dapat dituang (jangan terlalu encer, kekentalan akan mempengaruhi tekstur es gabus). Angkat dan tuangkan adoanan ke dalam cetakan/loyang persegi, dapat alasi loyang dengan alumunium foil atau plastik supaya nantinya campuran es gabus menjadi sangat gampang untuk dikeluarkan.
  4. Biarkan sebentar supaya uapnya hilang atau lapisan pertama agak dingin, tips supaya lapisan warnanya menjadi rapih atau tidak rusak dikala ditimpa lapisan berikutnya. Sambil lanjutkan memasak campuran untuk lapisan kedua dengan cara yang sama, begitu juga untuk lapisan ketiga.
  5. Sebelum memasukkan campuran lapisan berikutnya, tusuk-tusuk dengan garpu atau lidi supaya setiap lapisan menjadi lebih merekat sehingga lebih gampang dibungkus.
  6. Setelah semua campuran sudah dimasukkan ke dalam loyang, berikutnya ialah mendinginkan campuran lapis tersebut. Agar lebih cepat dapat dimasukkan ke dalam kulkas bab bawah sampai adonannya padat, selanjutnya keluarkan dari cetakan.
  7. Potong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan (basahi pisau dengan air kalau sedikit lengket), kemudian bungkus rapih dengan plastik. Tahap terkahir menyimpannya ke dalam freezer sampai membeku atau sudah menjadi es, es gabus pun sudah siap disantap.
Video penerapan resep es gabus kali ini dan tahap demi tahap proses cara menciptakan es gabus dapat kita saksikan di bawah ini. Untuk variasi yang pakai santan dapat juga dilihat di update terdahulu ➠ Resep Es Gabus Hunkwe Santan.
Jangan lupa perhatikan kekentalan campuran (jangan terlalu encer) untuk menghasilkan es gabus yang lezat dan pas teksturnya.
ANEKA JAJANAN