Swipe up untuk membaca artikel

Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Orisinil Minang

Resep Rendang Padang Daging Sapi - Cara meracik bumbu masakan daging sapi orisinil Minang dalam resep rendang padang kering benar-benar menciptakan cita rasa daging menjadi sangat sedap disantap. Tips menciptakan rendang daging dengan bumbu kering hanya butuh kesabaran, sebab waktu memasak hingga kering apalagi rendang hitam memang membutuhkan waktu yang cukup lumayan, namun akan terpuaskan dengan sensasi rasanya yang khas dan luar biasa.
 Cara meracik bumbu masakan daging sapi orisinil Minang dalam resep rendang padang kering bena Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Asli Minang
Kalau ke pasar hendak menentukan daging sapi, tanyakan daging paha sebab memang potongan daging paling sempurna untuk bikin rendang. Jika ada yang tanpa lemak akan lebih bagus, sehingga kita tidak perlu repot menyisihkan lemaknya.

Begitu gampang termasuk bagi pemula untuk mengolah rendang daging menjadi hidangan Istimewa keluarga di rumah, aroma wanginya yang khas menciptakan rumah anda seakan-akan berubah sesaat menjadi rumah makan Padang.

Bumbu rendang sudah sangat gurih dan sedap jadi tidak dibutuhkan lagi penyedap, namun tetap silahkan diubahsuaikan dengan selera masing-masing. Selain itu kita juga sanggup menambahkan cabai bila mengiginkan rendang dengan cita rasa yang lebih pedas. Supaya lebih gampang membayangkan bagaimana proses pembuatannya, selain resep materi dan cara menciptakan juga dilampirkan di bawah ini gambar dalam setiap langkahnya.

Bahan Bumbu Membuat Rendang :

  • 1 kg daging sapi (paha tanpa lemak)
  • 2 lembar daun kunyit
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, geprek potongan putih
  • 1 sdm garam lebih sedikit
  • 2 butir kelapa parut, jadikan 2 liter santan

Bumbu halus :

  • 15 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 5 buah kemiri, sangrai (goreng dalam wajan tanpa minyak hingga harum)
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • ½ butir pala
  • 1 sdt merica/lada butir
  • 15 buah cabai merah keriting

Cara Membuat Rendang Daging Padang :

1. Cuci higienis daging sapi kemudian potong-potong sesuai selera, namun sebaiknya tidak terlalu tebal dan jangan terlalu tipis supaya gampang empuk tapi tidak gampang hancur (kurang lebih menyerupai gambar di bawah, 1 kg daging kurang lebih jadi 30 potong). Bisa juga daging dipukul-pukul sedikit dengan palu daging atau ulekan supaya daging lebih cepat empuk lagi.

2. Siapkan juga bahan-bahan yang telah dijelaskan di atas termasuk bumbu halusnya untuk memulai proses berkutnya.
 Cara meracik bumbu masakan daging sapi orisinil Minang dalam resep rendang padang kering bena Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Asli Minang
3. Siapkan wajan ukuran besar yang sanggup menampung 2 liter santan, selanjutnya tuang santan ke dalam wajan, bumbu halus, daun kunyit, daun salam, daun jeruk, serai dan garam. Masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah.

4. Masukkan potongan daging sapi, aduk hingga daging berubah warna. Selanjutnya teruskan memasak serta jangan lupa untuk sering diaduk-aduk supaya merata dan bumbu tidak menggumpal di bawah.
 Cara meracik bumbu masakan daging sapi orisinil Minang dalam resep rendang padang kering bena Resep Rendang Padang Daging Sapi Bumbu Kering Asli Minang
5. Gunakan api kecil ketika kuah santan sudah berkurang setengahnya. Masak hingga santan mengeluarkan minyak dan mengering, hingga tahap ini apabila daging sudah dipastikan empuk maka rendang padang sudah siap disantap.

6. Namun bila ingin lebih bersabar maka kita sanggup terus memasaknya hingga lebih kering bahkan berwarna hitam, dengan cara sambil sesekali diaduk supaya merata dan tidak gosong. Rendang kering akan menjadi infinit dan tahan lama.

7. Atau sanggup juga disiasati dengan memanaskannya setiap hari, tak perlu menggunakan minyak lagi sebab sudah mengandung minyak ketika dipanaskan. Rendang juga akan semakin menghitam sebab dipanaskan berulang, bahkan semakin bumbunya mengering, maka Rendang Padang akan semakin yummy disantap.
Oiya, rendang terlihat sedikit berminyak pada gambar sebab masih panas, nanti juga akan berangsur mengering.
ANEKA DAGING