Swipe up untuk membaca artikel

16 Resep Sajian Buka Puasa Dan Sahur Sehat Mudah 2017

Memasuki Bulan Ramadhan 2017 kali ini, sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan-asupan yang terbaik, yang semestinya kita siapkan dalam sajian hidangan buka puasa dan hidangan sahur dalam sebulan kedapan. Aneka hidangan hidangan untuk berbuka puasa yang baik sudah tentu yakni kuliner yang sehat.

Bermacam-macam buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai kuliner yang bagus natural, bahkan mengatakan cita rasa bagus alami yang bervariasi. Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir alasannya sanggup mengatakan imbas yang kurang baik bagi kesehatan.

Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai hidangan takjil atau hidangan yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat gampang dicerna dan memperlihatkan badan banyak sekali nutrisi yang sanggup membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan yakni konsumsi air putih, usahakan dari dikala buka puasa hingga dikala sebelum tidur minimal minum 1 liter air.

Selanjutnya bagaimana dengan hidangan makan sesudah berbuka puasa? Jika sebelumnya kita telah mengkonsumsi buah-buahan segar atau kombinasi lainnya dari hidangan takjil untuk berbuka puasa, maka hidangan sehat lainnya yang disarankan dalam hidangan buka puasa diantaranya yakni sebagai berikut :
  • Sayuran hijau alasannya selain gampang dicerna dan mempunyai kandungan alkalin yang tinggi sehngga sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan kita.
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan gampang dicerna. Biji bunga matahari, biji waluh atau labu, walnut (sumber omega-3), almond, kacang mete, kemiri, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan materi kuliner yang tepat dimakan sesudah berpuasa.
  • Beras merah berbeda dengan beras putih alasannya bab kulit pada beras merah masih utuh. Para andal gizi dan andal diet merekomendasikan nasi merah sebagai sumber nutrisi.
  • Oat juga ideal untuk dimakan untuk berbuka puasa. Memakan oat membawa banyak manfaat, dan khususnya sesudah berpuasa. Makan satu sajian oat mengatakan badan vitamin E, zinc, selenium, tembaga, besi, mangan, protein dan magnesium.
Kumpulan hidangan takjil yang bagus untuk buka puasa dan masakan utama atau makan besar yang tentunya sanggup juga dipakai untuk daftar hidangan sahur. Untuk memenuhi akan kebutuhan variasi dalam resep hidangan buka puasa dan sahur yang enak, simpel, irit dan sederhana atau murah meriah bahkan cocok untuk anak kost, berikut kami rangkum beberapa pola kreasi resep hidangan buka puasa 2017 yang sehat simpel di bawah ini :
 sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan 16 Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat Mudah 2017
1. Kolak Pisang
Kreasi kuah kolak yang gurih dan segar meski diolah secara sederhana dan praktis. Kita sanggup mengkombinasikan dengan aneka materi pendamping pisang, menyerupai kolang-kaling, ubi, nangka, maupun materi lain sesuai selera bunda.

2. Singkong Thailand
Menikmati singkong dengan saus vla yang kental sanggup menjadi alternatif dalam menyantap singkong yang lezat. Kolak singkong ala thailand dengan cita rasa bagus dan gurih ini sudah sangat terkenal di Indonesia.

3. Es Goyobod
Es goyobod sangat terkenal di Jawa Barat, termasuk di kota kembang Bandung. Kita sanggup membuatnya sendiri di rumah dengan cara yang mudah, yaitu memakai tepung hunkwe yang terbuat dari pati kacang hijau.

4. Es Oyen
Minuman hambar yang bagus termasuk hidangan favorit buka puasa, es oyen campur dengan kombinasi jagung bagus mengatakan sensasi kesejukan yang sanggup mengembalikan stamina dan menghilangkan dahaga.

 sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan 16 Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat Mudah 2017
5. Urap Sayuran
Cara menyajikan aneka sayuran dengan bumbu urap kelapa kering yang disangrai alias tanpa minyak ini akan menciptakan hidangan sayur mayur dikala berbuka puasa dan sahur menjadi kian istimewa. Cara membuatnya cukup praktis, sayuran direbus sebentar kemudian dicampur dengan bumbu urap yang sebelumnya telah disangrai.

6. Tahu Rambutan
Menu olahan tahu unik kekinian, bola-bola tahu rambutan yang menjadi hits di tahun 2017 ini sanggup menjadi pilihan sebagai komplemen rujukan dalam hidangan buka puasa maupun sahur yang tergolong praktis.

7. Cabe Ijo Tumis Kecap
Sensasi cabai ijo dimasak kecap akan menciptakan selera makan menjadi meningkat, resep ini sanggup menjadi pilihan apalagi caranya pun sangat gampang dan praktis. Cabe hijau yakni cabai muda, namun pilih lagi yang benar-benar muda atau kulitnya tidak keras biar kelezatannya menjadi sempurna.

8. Rujak Kangkung
Nah bagi yanag selera pedas, kangkung bumbu rujak kian melengkapi sajian di bulan ramadhan kali ini.

 sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan 16 Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat Mudah 2017
9. Sayur Lodeh
Menu berbuka dan sahur dengan sayuran bersantan sanggup mencoba sayur lodeh, masakan berkuah gurih yang terdiri dari aneka macam sayuran ini memang paling digemari selain sayur asem.

10. Capcay Goreng
Salah satu masakan favorit ibu-ibu ini juga terdiri dari banyak sekali macam kombinasi sayuran. Selain enak dimasak menyerupai capcay kuah, juga tak kalah nikmat bila digoreng atau dimasak dengan sedikit kuah.

11. Sup Oyong
Menyantap sayur oyong (kisik) sambil menghirup kuah bening nan segar membuatnya begitu sedap disantap.

12. Sayur Asem
Jika sayur lodeh mempunyai huruf kuah yang sedap dan gurih, maka sayur asem bercita rasa kuah yang asem dan segar meskipun secara umum bahan-bahan yang dipakai hampir sama.

 sudah tentu kita harus lebih memperhatikan lagi mengenai asupan 16 Resep Menu Buka Puasa dan Sahur Sehat Mudah 2017
13. Nugget Tahu
Sekali menciptakan nugget maka kita sanggup menyimpannya di freezer dalam waktu yang cukup lama, sehingga kita hanya tinggal menggoreng nugget ketika akan menyiapkan hidangan sahur. Oleh alasannya keunggulannya, nugget sering menjadi hidangan andalan di waktu-waktu sahur yang sudah mepet.

14. Kentang Mustofa
Berbeda dengan nugget, kentang mustofa atau sambal goreng kentang kering ini tinggal kita simpan dalam wadah tertutup biar kerenyahannya bertahan lama. Walau tak sempat memasak hari ini kita masih sanggup santap sahur dengan hidangan yang enak.

15. Kering Tempe
Begitu juga dengan kering tempe campur teri dan kacang tanah ini, hidangan favorit ibu-ibu rumah tangga dari zaman dahulu kala yang biasa disimpan dalam toples beling alasannya sanggup dijadikan stok lauk pauk pendamping nasi.

16. Sambal Merah Padang
Tak lengkap bila tak ada sambal, nah hidangan yang terakhir yakni sambal. Kreasi sambal merah sederhana namun kelezatan aroma daun jeruk dan cita rasa menciptakan hidangan makan buka puasa dan sahur menjadi kian lengkap.

Tentunya 16 resep masakan simpel di atas hanya pola sekedarnya saja, selain hidangan di atas terdapat banyak sekali variasi masakan yang telah dibagikan dalam blog resep ini yang sangat gampang dicari dikarenakan telah dikelompokkan menurut kategorinya, ada aneka ayam, aneka sayur, tahu tempe, telur dan sebagainya (lihat di pilih resep).

Semoga dengan melihat-lihat daftar hidangan masakan di dalam blog resep masakan ini sanggup bermanfaat dan menambah rujukan atau inspirasi dalam menyiapkan hidangan buka puasa dan hidangan masakan sahur keluarga anda di rumah, terima kasih sudah berkunjung.
TIPS DAN INFO