Swipe up untuk membaca artikel

Resep Masakan Ringan Elok Talam Ubi Ungu Jalar Kukus

 Kue kukus tradisional resep camilan bagus talam ubi ungu yang lembut sanggup menjadi cemilan enak hing RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS
Kue kukus tradisional resep camilan bagus talam ubi ungu yang lembut sanggup menjadi cemilan enak sampai hidangan sajian buka puasa favorit. Adapun cara menciptakan camilan bagus talam kukus cukup gampang dan praktis, camilan bagus lembap yang umumnya terbuat dari materi baku aneka tepung-tepungan, kali ini menggunakan tepung beras dan tapioka yang dipadukan dengan ubi jalar ungu.
 Kue kukus tradisional resep camilan bagus talam ubi ungu yang lembut sanggup menjadi cemilan enak hing RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS
Kue talam juga termasuk dalam aneka camilan bagus jajanan pasar yang masih terkenal di Indonesia, sehingga cukup gampang ditemukan. Pilihan materi ubi ungu, selain menambah variasi juga akan membuatnya tampil menarik dengan warna alami yang selaras dengan kelezatan cita rasanya.

Ubi ungu banyak dimanfaatkan untuk masakan sehat alasannya yakni super kaya kandungan gizi, termasuk anti kanker dan kaya vitamin A. Selain itu, juga menjadi sumber pewarna alami dalam sistem pangan alasannya yakni pigmen beta karoten dan antosianin yang terkandung tahan terhadap panas dan cahaya.

Takaran resep sanggup menghasilkan cukup banyak camilan bagus talam ubi ungu, jikalau menggunakan bermacam bentuk cetakan, pakai mangkuk kecil serta sebagian lagi berbentuk mawar dan bintang menjadi 40 buah camilan bagus talam yang enak, bagus dan gurih, serta halus dan lembut.
 Kue kukus tradisional resep camilan bagus talam ubi ungu yang lembut sanggup menjadi cemilan enak hing RESEP KUE TALAM UBI UNGU JALAR KUKUS

Resep camilan bagus talam ubi ungu

Bahan camilan bagus talam ubi ungu :
  • 500 gram (1/2 kg) ubi ungu, rebus sampai matang kemudian kupas kulit dan haluskan
  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka (sagu tani)
  • 700 ml santan dari 1 butir kelapa (dibagi dua, sisihkan setengahnya untuk lapisan atas)
  • 150 ml air biasa
  • 250 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
Bahan camilan bagus lapisan atas :
  • setengah bab santan (350 ml)
  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung tapioka (sagu tani)
  • 1/4 sdt garam

Cara menciptakan camilan bagus talam ubi ungu

  1. Siapkan wadah, campurkan tepung beras, tepung tapioka, gula pasir dan garam. Aduk rata, kemudian tuang 350 ml santan bertahap sambil diaduk dengan tangan (pakai sarung tangan plastik) semoga rata dan tidak bergerindil. Setelah itu, masukkan ubi ungu, remas-remas sampai larut dengan adonan, gres kemudian tuang air dan aduk rata, saring gabungan semoga tekstur camilan bagus menjadi halus dan lembut.
  2. Panaskan kukusan, sambil menunggu kukusan panas, tuang gabungan ke dalam cetakan sebanyak 3/4 isi cetakan, selanjutnya kukus selama 15 menit.
  3. Sambil menunggu lagi, kita buat gabungan lapisan atas. Siapkan wadah, tuang 350 ml santan, tepung beras, tepung tapioka dan garam, kemudian aduk sampai rata.
  4. Setelah 15 menit berlalu, angkat cetakan kemudian tuang gabungan santan tadi di atasnya sampai penuh atau sekitar 2 sdm. Kukus lagi selama 10 menit atau sampai matang, angkat dan biarkan masbodoh terlebih dahulu semoga gampang dikeluarkan dari cetakan.

Tambahan tips menciptakan camilan bagus talam

  • Kita sanggup menggunakan aneka cetakan dengan bermacam bentuk, namun sebelum menuangkan gabungan basahi dulu cetakan semoga camilan bagus talam tidak lengket sehingga gampang dikeluarkan.
  • Lapisi tutup kukusan dengan kain serbet supaya tidak ada uap air yang menetes ke gabungan dikala mengukus.
  • Pastikan kukusan sudah benar-benar panas sebelum memasukkan cetakan berisi gabungan camilan bagus talam.
ANEKA KUE BASAH