Swipe up untuk membaca artikel

Resep Camilan Bagus Apem Beras Kukus Mekar

 Kue yang empuk dan lembut ini ialah masakan ringan anggun lembap tradisional yang terbuat dari tepung beras RESEP KUE APEM BERAS KUKUS MEKAR
Resep Kue Apem Kukus Mekar Tepung Beras - Kue yang empuk dan lembut ini ialah masakan ringan anggun lembap tradisional yang terbuat dari tepung beras sebagai materi utamanya. Populer dengan sebutan masakan ringan anggun apem, dan tak jarang pula disebut masakan ringan anggun mangkok sebab memakai mangkok sebagai cetakannya.

Adonan resep apem kukus mekar tanpa tape ini merupakan salah satu dari sekian banyak variasi dalam cara menciptakan masakan ringan anggun apem yummy sebagai masakan ringan anggun jajanan pasar yang favorit. Kue apem beras kukus juga sanggup lebih menarik dengan tampilan warna-warni atau sanggup juga dibiarkan putih atau tanpa pewarna.

Untuk menghadirkan cemilan sederhana yang yummy ketika kumpul keluarga, kita sanggup mencoba membuatnya sendiri dengan dosis resep untuk 17 mangkuk/cetakan kecil sesuai gambar. Kue apem juga biasa dihidangkan bersama kukusan kelapa parut setengah bau tanah beserta sedikit garam, jikalau ingin menambah variasi rasa yang lebih gurih.
 Kue yang empuk dan lembut ini ialah masakan ringan anggun lembap tradisional yang terbuat dari tepung beras RESEP KUE APEM BERAS KUKUS MEKAR
RESEP APEM BERAS KUKUS MEKAR
  • 150 gram tepung beras
  • 30 gram tepung kanji/tapioka
  • 125 ml santan dari 200 gram kelapa parut
  • 150 ml air hangat
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt ragi instan (fermipan)
  • 1/4 sdt garam
  • pewarna masakan ringan anggun sesuai selera secukupnya
CARA MEMBUAT KUE APEM BERAS KUKUS MEKAR
  1. Langkah awal, larutkan ragi dengan air hangat, sisihkan. Sedangkan santan direbus bersama dengan gula pasir, sambil terus diaduk-aduk sampai mendidih dan gula larut, kemudian biarkan dingin.
  2. Siapkan wadah, campurkan tepung beras, tepung kanji, garam, dan larutan ragi. Aduk sampai rata serta uleni sampai gabungan menjadi kalis. Tuang santan yang sudah dimasak tadi, aduk sampai rata kemudian diamkan selama 60 menit. Bagi gabungan menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna sesuai selera dan aduk rata.
  3. Panaskan kukusan di atas api sedang, gunakan kain atau serbet untuk membalut tutupnya semoga tidak air yang menetes. Sementara itu, rendam terlebih dahulu mangkuk/cetakan masakan ringan anggun apemnya dalam air, selanjutnya tuang gabungan ke cetakan tersebut sampai penuh.
  4. Tata cetakan dalam kukusan, tutup dan kukus selama 25 menit atau sampai matang. Angkat dan keluarkan masakan ringan anggun dari cetakan kemudian siap untuk disajikan.
ANEKA KUE BASAH