Swipe up untuk membaca artikel

Resep Bakso Ikan Tenggiri Lezat Kenyal

 Membuat bakso ikan sendiri yang enak dan kenyal memang cukup gampang alasannya yakni beberapa jenis  RESEP BAKSO IKAN TENGGIRI ENAK KENYAL
RESEP BAKSO IKAN TENGGIRI
Membuat bakso ikan sendiri yang enak dan kenyal memang cukup gampang alasannya yakni beberapa jenis ikan memilki tekstur daging yang lebih padat sehingga enak untuk diolah menjadi bakso yang kenyal. Ikan tenggiri merupakan jenis ikan andalan dalam menciptakan bakso ikan, selain alasannya yakni tekstur dagingnya juga cita rasanya yang sangat yummy dan gurih. Hanya saja cara menciptakan bakso ikan dengan pentol yang benar-benar bundar dan mulus memang ternyata harus sering berlatih lagi.

Bahan dan bumbu :
  • 275 gram ikan tenggiri tanpa kulit, haluskan dengan 1 siung bawang putih memakai blender atau food processor
  • 1 butir putih telur
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt penyedap rasa
  • 30 gram tepung sagu tani
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 100 ml air es
  • air untuk merebus secukupnya
CARA MEMBUAT BAKSO IKAN TENGGIRI :
  1. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling halus dengan putih telur, garam dan penyedap. Aduk dan uleni hingga rata kemudian tuang air es sedikit demi sedikit. Sambil terus diuleni, masukkan juga irisan daun bawang dan tepung hingga tercampur rata dan kalis. Bisa juga tambahkan 1 sdt minyak wijen untuk menetralisir busuk busuk ikan bila diperlukan.
  2. Didihkan air secukupnya kemudian kecilkan apinya untuk menampung bakso yang gres sudah dibuat atau matikan api terlebih dahulu bila belum terbiasa membulatkan pentol baksonya.
  3. Ambil segenggam campuran kemudian dikepal-kepalkan di tangan hingga keluar bentuk bakso yang mulus di antara lingkaran telunjuk dan ibu jari. Gunakan sendok yang sudah dicelupkan dalam air yang direbus tadi semoga berair kemudian ambil campuran yang sudah berbentuk bundar yang sudah keluar dari kepalan tangan.
  4. Cemplungkan bulatan bakso ke dalam air panas tadi, lakukan berulang-ulang hingga campuran habis. Kemudian rebus bakso hingga matang dan mengapung-apung ke permukaan kemudian angkat dan tiriskan.
ANEKA IKAN SEAFOOD