Manfaat Dan Khasiat Jamur Tiram - Hubdat | Hubungan Darat

Manfaat Dan Khasiat Jamur Tiram

ASAM AMINO ESENSIAL
Asam Amino merupakan senyawa yang mempunyai fungsi penting bagi proses metabolisme tubuh insan terutama yakni sebagai penyusun protein atau sebagai kerangka molekul-molekul penting. Sedangkan Asam Amino Esensial yakni Asam Amino yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh insan alasannya sel-sel tubuh tidak sanggup mensintesisnya, justru sebagian besar asam amino hanya sanggup disintesis oleh sel tumbuhan. Oleh alasannya itu, untuk memenuhi akan kebutuhan tersebut maka tubuh memerlukan pasokan atau memasoknya dari luar melalui makanan.
Setidaknya ada delapan atau sembilan asam amino esensial yang harus dipenuhi dari diet sehari-hari, yaitu isoleusin, leusin, lysine, methionin, fenilalanin, theonin, trypthofan dan valin. Histidina dan arginina disebut sebagai setengah atau semi esensial alasannya tubuh insan remaja sehat bisa memenuhi kebutuhannya. Asam amino karnitina juga bersifat semi esensial dan sering diberikan untuk kepentingan pengobatan.

JAMUR TIRAM
Jamur tiram (Pleurotus Ostreatus) yakni jamur pangan dari kelompok basidiomycota dan termasuk kelas homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih sampai krem dan tudungnya berbentuk setengah bulat menyerupai cangkang tiram dengan bab tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.
Jamur tiram yang biasa dijadikan sebagai materi kuliner yang sarat nutrisi ini, selain mengandung protein, vitamin dan mineral yang cukup tinggi ternyata juga mempunyai kandungan jenis asam amino esensial yang lengkap. Terdapat sembilan jenis asam amino yang diketahui terkandung pada jamur tiram, yaitu lysine, methionin, trypthofan, theonin, valin, leusin, isoleusin, histidin dan fenilalanin.
Vitamin yang terdapat pada jamur tiram diantaranya yakni :  B1 (thiamin), B2 (ribovlafin), niasin dan biotin. Sedangkan untuk mineralnya jamur tiram mengandung kalium, pospor, ferrum, calsium, natrium, magnesium, cuprom dan lain-lain. Keunggulan lain dari jamur tiram yakni tergolong ke dalam kuliner atau penganan yang sehat alasannya bebas dari pestisida, pupuk dan bahan-bahan kimia lainnya.

MANFAAT DAN KHASIAT
Jamur tiram baik dan kondusif untuk dikonsumsi setiap hari alasannya kandungan kalorinya rendah bahkan banyak keuntungannya bagi kesehatan tubuh. Secara garis besar, manfaat jamur tiram yakni berfungsi menekan kolesterol jahat di dalam darah, menyerap kelebihan kadar gula dalam darah dan menyeimbangkan metabolisme tubuh.
Jamur tiram mempunyai khasiat obat untuk aneka macam penyakit menyerupai penyakit lever, diabetes dan anemia. Di samping itu, juga dipercaya bisa membantu penurunan berat tubuh alasannya berserat tinggi dan membantu pencernaan, antitumor, antikanker, antivirus (termasuk AIDS), antijamur, antibakteri, melawan atau menurunkan kolesterol serta bertindak sebagai antioksidan dan sanggup meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

RESEP SAYUR BENING JAMUR TIRAM
Beberapa olahan masakan berbahan jamur tiram telah dibagikan dalam blog ini, diantaranya yakni Pepes Jamur Tiram, Jamur Tiram Suwir Goreng Telur dan masih banyak yang lainnya. Salah satunya yang sederhana kami bagikan berikut ini.
Bahan dan Bumbu :
  • 250 gram jamur tiram, cuci, potong-potong
  • 3 gelas air
  • garam, merica dan gula secukupnya
  • bawang merah goreng untuk taburan
CARA MEMBUAT SAYUR BENING JAMUR TIRAM :
  1. Didihkan air dalam panci kemudian masukkan jamur tiram. Masukkan garam, merica dan gula secukupnya, aduk biar larut.
  2. Angkat sayur jamur sehabis matang, tempatkan dalam suatu wadah atau mangkuk sayur kemudian taburi bawang merah goreng di atasnya. Sajikan.

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Jamur Tiram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel