Resep Wajik Ketan Masakan Ringan Cantik Tradisional Indonesia - Hubdat | Hubungan Darat

Resep Wajik Ketan Masakan Ringan Cantik Tradisional Indonesia

 Kue wajik ketan merupakan masakan ringan bagus tradisonal khas Indonesia yang memilki ciri khas berbentuk  RESEP WAJIK KETAN KUE TRADISIONAL INDONESIA
RESEP WAJIK KETAN
Kue wajik ketan merupakan masakan ringan bagus tradisonal khas Indonesia yang memilki ciri khas berbentuk wajik. Kue dari materi ketan ini biasa diolah dengan gula merah sebagai pemberi rasa dan daun pandan sebagai sumber aroma.

Enaknya rasa bagus legit dan gurih menciptakan masakan ringan bagus ini masih diminati sampai kini dan masih menjadi sajian hidangan di acara-acara tradisional beberapa tempat di nusantara.

Cara menciptakan wajik ketan juga mempunyai variasi, menyerupai dalam resep kali ini dengan varasi penyajiannya saja yang menyerupai berlapis.

Bahan :
  • 500 gram beras ketan, rendam selama 2 jam
  • 200 ml air mendidih
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 350 gram gula merah, sisir halus
  • 3 lembar daun pandan
  • ¾ sdt garam
CARA MEMBUAT WAJIK KETAN :
  1. Kukus ketan selam 15 menit, angkat kemudian siram dengan air mendidih, biarkan sampai terserap. Kukus ketan selama 30 menit.
  2. Masak santan, gula merah, daun pandan dan garam sambil diaduk sampai berminyak. Masukkan ¾ bab ketan kemudian aduk sampai terserap dan berminyak. Lakukan hal yang sama pada sisa ketan tetapi tanpa gula merah.
  3. Siapkan loyang persegi 22 cm, olesi dengan minyak kemudian dialasi daun pisang. Tuang dan ratakan wajik putih ke dalam loyang, masukkan wajik gula merah di atasnya. Potong sehabis hambar kemudian sajikan untuk 16 potong.
Tips : Larutan gula usahakan benar-benar kental. Untuk mengetesya, ambil larutan gula dengan sendok kayu kemudian jatuhkan gula. Larutan gula harus agak lembut jatuhnya, selain itu jangan masak gula sampai berambut alasannya akan menghasilkan wajik yang buyar atau tidak menyatu.

0 Response to "Resep Wajik Ketan Masakan Ringan Cantik Tradisional Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel