Swipe up untuk membaca artikel

Resep Masakan Ringan Anggun Semprong

RESEP KUE SEMPRONG
Kue semprong umumnya berbentuk gulung atau dilipat menjadi empat dan ada juga yang berbentuk kipas, walaupun makanan ringan bagus ini sanggup dikreasikan dengan aneka macam bentuk sesuai selera. Kue ini mempunyai karakteristik yang renyah, gurih, bagus dan disajikan dalam wadah/ toples kedap udara supaya tetap garing. Di beberapa daerah, dikenal juga dengan sebutan krupuk gambir, opak gambir, opak gulung atau makanan ringan bagus sapit. Dengan aneka macam varian dan rasa menciptakan makanan ini menjadi jajanan tradisonal buah tangan khas dari beberapa tempat di Indonesia, termasuk opak gambir yang terkenal di Blitar.

Kue semprong digolongkan juga ke dalam jenis makanan ringan bagus kering tradisional dan sanggup menjadi salah satu hidangan hidangan lebaran hari raya Idul Fitri, selain itu makanan ringan bagus ini juga lezat untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Bahan :
  • 500 gram tepung beras
  • 300 gram gula pasir
  • 1 sdt kayu bagus bubuk
  • 850 ml santan kental
  • 6 butir telur
  • secukupnya minyak untuk oles cetakan
CARA MEMBUAT KUE SEMPRONG :
  1. Kocok telur sampai mengembang, masukkan tepung, gula dan kayu bagus kemudian tuangkan santan sambil diaduk sampai gula larut.
  2. Panaskan cetakan semprong, olesi permukaannya dengan sedikit minyak. Masukkan gabungan sekitar 2 sendok makan, ratakan dan tutup.
  3. Panggang sampai matang sambil cetakan terus dibolak-balik, angkat dan segera bentuk sesuai selera. Sajikan dalam wadah kedap udara.
ANEKA CAMILAN