Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri - Hubdat | Hubungan Darat

Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri

 Seledri atau apium graveolens merupakan tumbuhan yang dibudidayakan alasannya yaitu mempunyai manfaa MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SELEDRI
KHASIAT DAN MANFAAT : DAUN SELEDRI BAIK UNTUK KESEHATAN
Seledri atau apium graveolens merupakan tumbuhan yang dibudidayakan alasannya yaitu mempunyai manfaat yang serba guna. Tangkai, daun, umbi dan biji dari flora ini biasa dimanfaatkan sebagai sayuran, materi bumbu kuliner untuk menambah citarasa serta dijadikan salah satu materi utama dari obat-obatan herbal alasannya yaitu diyakini mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan.

Kandungan gizi dalam tiap 100 gram terkandung energi sebanyak 20 kalori, protein 1 gram, lemak 0,1 gram, hidrat arang 4,6 gram, kalsium 50 mg, fosfor 40 mg, besi 1 mg, Vitamin A 130 SI, Vitamin B1 0,03 mg, Vitamin C 11 mg dan 63% bab sanggup dimakan.
Aroma yang khas dari seledri berasal dari sejumlah komponen gampang menguap dari minyak atsiri yang dikandungnya. Kandungan utama seledri yaitu butilftalida dan butilidftalida sebagai pembawa aroma utama. Terdapat juga sejumlah flavonoid menyerupai graveobiosid A (1-2%) dan B (0,1 – 0,7%), serta senyawa golongan fenol. Komponen lainnya yaitu apiin, isokuersitrin, furanokumarin, serta isoimperatorin. Kandungan asam lemak utama dalah asam petroselin (40-60%). Daun dan tangkai daun seledri mengandung steroid menyerupai stigmasterol dan sitosterol.
Seledri sebagai sayuran anti-hipertensi. flavonoid (apigenin), senyawa butil phthalide dan kalium pada seledri sanggup menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Selain kaya akan vitamin A, seledri juga mengandung vitamin C, B1, B2, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan coumarins yang dipercaya sanggup untuk mencegah kanker. Suatu komponen kimia dalam minyak esensial yang berasal dari biji seledri mengatakan sifat anti-kanker, dan banyak studi mengatakan hasil bahwa seledri berperan faktual dalam memperlambat perkembangan tumor pankreas, payudara, dan liver.

Sebagai peluruh (diuretika), anti reumatik serta pembangkit nafsu makan (karminativa). Umbinya memliki khasiat yang menyerupai dengan daun tetapi dipakai pula sebagai afrodisiaka (pembangkit gairah seksual).

Seledri mentah sanggup merangsang produksi air liur sehingga sanggup membantu melumpuhkan acara basil yang sanggup mengakibatkan gigi keropos. Seledri, alasannya yaitu kandungan seratnya juga sanggup membersihkan sisa kuliner yang terdapat di sela gigi. Lebih dari itu, seledri juga sanggup menyegarkan aroma mulut.

Namun demikian, seledri berpotensi mengakibatkan alergi pada sejumlah orang yang peka. Oleh karenanya, penderita radang ginjal tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya. Selain itu, Veleslavin (1596) memperingatkan semoga jangan mengonsumsi seledri terlalu banyak alasannya yaitu sanggup mengurangi air susu.

TIPS MENYIMPAN SELEDRI :
  • Cara menentukan seledri yang segar dan tidak layu yaitu dengan meremas bab tengah batangnya, jikalau ada bunyinya berarti seledri masih segar.
  • Terkadang kita mempunyai persediaan yang berlebih. Maka untuk menyimpan seledri semoga tetap segar, siapkan botol minuman ringan atau soda bekas yang ukurannya ideal dengan tinggi tangkai seledri. Potong bab atas botol soda kemudian isi dengan air hingga setengahnya. Masukkan seledri kemudian simpan di lemari pendingin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Dan Khasiat Daun Seledri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel