Swipe up untuk membaca artikel

Tips Dan Cara Semoga Masakan Tidak Cepat Basi

TIPS DAN CARA AGAR MAKANAN TIDAK MUDAH BASI TIPS DAN CARA AGAR MAKANAN TIDAK CEPAT BASI

TIPS DAN CARA AGAR MAKANAN TIDAK MUDAH BASI
Makanan menjadi bau sebab adanya tugas mikroorganisme menyerupai jamur atau basil yang berkembang dalam makanan. Selain sebab materi masakan tertentu memang sanggup lebih cepat bau dan kelembapan udara, faktor perawatan masakan juga sangat mempengaruhi. Perawatan yang dimaksud ialah memperkecil kemungkinan masuknya mikroorganisme ke dalam masakan dan menghambat perkembangbiakannya.

1.   Memperhatikan pemilihan materi makanan
  • Segera basuh higienis materi masakan sebelum dimasukkan freezer, kemudian tiriskan, dan masukkan ke dalam wadah yang tertutup (dapat memakai plastik wrapping). Daging, ayam, atau ikan yg sudah dicuci higienis sanggup dilumuri dengan garam dan merica supaya lebih awet.
  • Sebaiknya memakai materi makanan yang lebih segar, baik daging, sayuran atau bumbu dan rempah.
2.   Kebiasaan mencuci tangan dan hilangkan kebiasaan jorok
  • Budayakan kebiasaan selalu mencuci, mencuci dan mencuci tangan. Karena dari tangan sangat besar kemungkinan masuknya jamur dan basil sebab bersentuhan pribadi dengan materi makanan. Boleh memakai hand glove (sarung tangan) yang steril, tapi berdasarkan aku lebih baik memakai tangan sebab sanggup selalu dibersihkan dengan mudah.
  • Gunakan sendok sekali saja dan jangan diulang-ulang, kecuali dicuci lebih dahulu sebab masakan sanggup tercemar lewat ludah kita yang melekat di sendok. Jika ingin lebih aman, gunakan dua sendok, satu untuk mengambil masakan dari panci/wajan, satu untuk mencicip makanan.
  • Jangan malas untuk memanaskan masakan dan gunakan wadah gres sehabis memanaskan masakan supaya tidak terkontaminasi. Makanan yang di panaskan akan lebih tahan lama, sebab setiap kali proses pemanasan akan menghambat bahkan menggagalkan proses perkembangbiakan mikroorganisme penyebab pembusukan makanan.
  • Jaga supaya permukaan meja dapur, jalan masuk air, dinding, lantai, peralatan masak, serta alat-alat makan dalam keadaan higienis dan kering. Disinfeksi alat-alat masak dengan air hangat dan detergen sesering mungkin, serta segera buang dan bersihkan jika ada tumpahan masakan atau makanan yang sudah basi.
  • Jangan gunakan lap yang sudah kotor berkali-kali untuk mengelap makanan. Perhatikan juga busa pembersih piring, kalau sudah terlalu usang digunakan maka akan tumbuh basil dan jamur pada busa tersebut.
3.   Memperhatikan daerah penyimpanan makanan
  • Gunakan wadah kedap udara untuk penyimpanan masakan yang lebih aman. Namun, jangan segera ditutup bila masakan tersebut masih dalam keadaan panas.
  • Agar masakan tidak cepat basi, kita sanggup memasukkan masakan ke kulkas. Saat hendak dimakan, masakan sanggup dihangatkan. Pada suhu dingin, basil dan jamur tidak sanggup berkembang dengan baik.
  • Jika kita memasak nasi, pada ketika memasak memakai rice cooker, sehabis beras menjadi nasi maka cabut listiknya kemudian aduk-aduk nasi biar tidak memadat. Hilangkan uap nasi, kemudian tutup kembali. Hal ini berfungsi supaya uap air tidak jatuh ke nasi. Beberapa waktu kemudian kita sanggup menyalakan kembali listriknya.
TIPS DAN INFO